Penggunaan Whatsapp Business dalam Layanan Pelanggan untuk Meningkatkan Minat Pengunjung di Highland Camp Curug Panjang

Main Article Content

Rani Nur Fajriani
Maria Fitriah
Agustini

Abstract

Whatsapp Business saat ini menjadi satu diantara media yang banyak digunakan untuk keperluan bisnis, begitupun Whatsapp Business digunakan oleh salah satu tempat wisata Highland Camp Curug Panjang dengan tujuan untuk meningkatkan minat pengunjung. Selain fitur – fiturnya yang mendukung untuk Highland Camp Curug Panjang, layanan pelanggannyapun sangat berperan penting. Penerapan Whatsapp Business telah memberikan kontribusi positif terhadap Higland Camp Curug Panjang dengan calon pengunjung, dengan adanya layanan pelanggan bisa membuat pengelola lebih leluasa untuk berkomunikasi dengan calon pengunjung untuk memberikan informasi – informasi yang di butuhkan oleh calon pengunjung. Layanan pelanggan yang dilakukan melalui fitur chat atau telpon dengan calon pengunjung digunakan untuk menumbuhkan rasa nyaman dengan calon pengunjung sehingga calon pengunjung ini tertarik untuk berkunjung ke Highland Camp Curug Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Whatsapp Business dalam layanan pelanggan untuk meningkatkan minat pengunjung. Pendekatan penelitian ini kualitatif fenomenologi dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer diperoleh dengan observasi pengamatan layanan pelanggan Whatsapp Business dan wawancara sedangkan data sekunder dari dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahawa penggunaan Whatsapp Business melalui layanan pelanggan memberikan dampak baik untuk meningkatkan minat pengunjung di Highland Camp Curug Panjang.

Article Details

How to Cite
Fajriani, R. N. ., Fitriah, M. ., & Agustini. (2024). Penggunaan Whatsapp Business dalam Layanan Pelanggan untuk Meningkatkan Minat Pengunjung di Highland Camp Curug Panjang. Karimah Tauhid, 3(4), 4361–4367. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12819
Section
Articles

References

Danis Puntoadi. 2019. Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial, (Jakarta: PT Elex Komputindo.

Mutaqin, A. Z. 2020. Jelajah Kawasan Pariwisata Curug Panjang Dalam Wisata Minat Khusus. Bogor: Highland Indonesia Group.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Adinda, S., & Pangestuti, A. 2019. Pengaruh Media Sosial Instagram @exploremalang Terhadap Minat Berkunjung Followers ke Suatu Destinasi (survey pada Followers @exploremalang). 72.

Basiya, R., & Rozak, H. A., 2014. Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan Dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara Di Jawa Tengah. Dinamika Kepariwisataan Vol. XI No. 2, Oktober: 1- 12.

Hasanah, A. C., Susilowati, M. H. D. & Ludiro, D. 2017. Pengembangan Pariwisata melalui Klasifikasi Tipologi Objek dan Variasi Spasial Wisatawan di Kabupaten Bandung Barat. Industrial Research Workshop and National Seminar Politeknik Negeri Bandung. 2019.

Priantoro, Boedi. 2019. Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Whatsapp (Studi Kasus Garuda Indonesia Solo). Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret.

Suyani, E., Zahara, E. & Siregar F. A. 2019. Strategi Komunikasi Bisnis dalam Menerapkan Program Corporate Social Responsibility (Studi Di PT. Coca Cola Bottling Indonesia Cabang Medan). Jurnal Warta Edisi : 59. 2019.

Surakarta. Seminar Nasional Cendekiawan ke 5 Tahun 2019.

Trisani. 2017. Pemanfaata Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media, dan Informatika, 2017.

Zarouali, B., Van den Broeck, E., Walrave, M., & Poels, K. 2018. Predicting consumer responses to a chatbot on Facebook. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 21(8), 491–497.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>