Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Geometri Menggunakan Media Gambar di SDIT Insan Karima

Main Article Content

Rusi Rusmiati Aliyyah
Intan Mutiara Irawan

Abstract

Kami melakukan penelitian untuk mengetahui dampak penggunaan alat peraga terhadap pembelajaran geometri siswa kelas 3 SDIT INSAN KARIMA. Peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahapan Taggart yaitu desain penelitian, pelaksanaan penelitian, observasi, dan refleksi. Penelitian yang saya lakukan melibatkan 2 siklus. Kami memasukkan siklus media grafis ke dalam sesi pembelajaran Matematika pada suatu pertemuan. Kami menganggap data yang saya kumpulkan sebagai nilai dari upaya ini. Saya menggunakan pendekatan pengujian atau pemrosesan untuk memperoleh data. Saya menggunakan metode analisis data kuantitatif dan mencapai tingkat keberhasilan 70%, yang berarti 7 anak mendapat nilai di atas kriteria KKM yaitu 70. Penelitian ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan media grafis ke dalam pengajaran geometri dapat meningkatkan kinerja akademik siswa. Pada siklus I, 50% atau 5 siswa memperoleh nilai di atas nilai ketuntasan minimum (KKM), sedangkan 50% atau 5 siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Selama siklus II, 80% anak menunjukkan peningkatan hasil belajar. Delapan anak memperoleh nilai di atas nilai ketuntasan minimal (KKM), sedangkan 20% anak memperoleh nilai sedikit di bawah KKM namun sangat mendekati KKM.

Article Details

How to Cite
Aliyyah, R. R. ., & Irawan, I. M. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Geometri Menggunakan Media Gambar di SDIT Insan Karima. Karimah Tauhid, 3(4), 4473–4483. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.12590
Section
Articles

References

Ahmadiyanto.(2016).Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Kependidikan kewarganegaraan, 6(2),980-993.

http://ppjpulm.ac.id/jpournal/index.php/pkn/article/view/2326/20342.Amir,Almira.2016.“Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika.” 2(2008):34-40.

Andriani Rike,R.(2013).Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar]Matematika Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 3444. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Ani Widayati.2008.“Penelitian Tindakan Kelas.”Jurnal Pendidikan Akuntansilndonesia vol.vino.1-tahun2008hal.87-93penelitianvi(1):87-93.

Dewi,Y.,&Radia,E.H.(2019).Penerapan Model pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu Media Gambar Guna Meningkatkan Hasil Belajar.3(2),147-152.

Ekayani,N.L.P.(2017).PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA.March

Hapnita,Widia,Rijal Abdullah,Yuwalitas Gusmareta,and Fahmi Rizal.2018.“Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017." CIVED(Journalof CivilEngineering and VocationalEducation)

Indra,N.,Hasan,S.,Rahmadanni,P.,Suci,W.,Fakhrurrazi,Khermarinah,Syibran,M.,Jumira,W.,Uron,H.R.,Harizahayu,Dedi,A.,Abdul,W.,Romdloni,&Amalia,A.N.(2014).Penilaian Tindakan Kelas Untuk Gurulnspiratif.InJSurgCIRes(Vol.5,Issue1).

Jannah,Fathul.2015.“Inovasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas."Prosiding Seminar Nasional PS2DMP UNLAM 1(1):27-32.

Karyati,Faridah.2017.“Pengembangan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika.”JumalPendidikan Dan Keguruan 3(April):312-20.

Mappeasse,M.Y.(2009).Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC)Siswa Kelas II Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. JurnalMedtek

Nurbudiyani,I.(2013).Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif,Afektif,dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya.Occupational Medicine,53(4),130

Nurdin,H.Syafruddi.2016.“Guru Profesional Dan Penelitian Tindakan Kelas.”Joumal ofEducation Studies1(1):1-12.

Nurrita,T.(2018).Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.MISYKAT:Jumal Ilmu-llmu Al-Quran,Hadist,Syari'ah Dan Tarbiyah,3(1),171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Oktaviyanti,I.,Aryanti Amanatulah,D.,&Novitasari,S.(2022).Analisis Pengaruh Media Gambarterhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Basicedu, 6(4),5589-5597.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719

Purnamasari,Mega,Jainuri Isman,Aulia Damayanti,dan Ismah.2017.“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika TerhadapKonsep Bangun Ruang materi luas dan volume balok dan kubus menggunakan metode drill sekolah smp islam al-ghazali kelas viii.”FIBONACI: JurnalPendidikan Matematika&Matematika3(1):45-52

Rohman,Pupung Syaeful,Lusi Susianti,and Mohamad Jamaludin.2021.“Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Media Gambar Dengan Media Model Padat Pada Materi Geometri."Pasundan Journal of Mathematics Education:Jurnal Pendidikan Matematika 11(Vol 11 No2):65-78.doi:10.23969/pjme.v11i2.4571.Sultan,U.,&Tirtayasa,A.(2019).PERAN MEDIA PEMBELAJARAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.2(1).

Utami,Sarwik.2018. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan

Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas lii Sekolah Dasar."Primary:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(1):137.doi:10.33578/jpfkip.v7i1.5346.

Wicaksono,A.(2017).Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek.SHAHIH:Journal of Islamicate Multidisciplinary,2(1),67 https://doi.org/10.22515/shahih.v2i1.670

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>