Layanan Bimbingan Konseling untuk Siswa Sekolah Dasar Pasca PPKM

Main Article Content

Devi Pebrianti
Rasmitadila

Abstract

Layanan bimbingan konseling untuk murid disekolah dasar adalah suatu hal berguna dalam dunia pendidikan. Melalui adanya layanan bimbingan konseling untuk murid sekolah dasar pada saat kembali tatap muka aktivitas proses belajar guru serta murid dapat memperoleh pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan dapat mengenali tugas guru selaku pemberi layanan bimbingan konseling yang menghadapi masalah lambat belajar pada murid sekolah dasar. Informasi data penelitian diperoleh melalui wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada beberapa permasalahan yang dialami murid pada saat proses belajar salah satunya yaitu murid membutuhkan layanan bimbingan konseling sehingga guru mempunyai peran dengan melaksanakan bimbingan konseling kepada murid sekolah dasar. Namun pemberian layanan bimbingan konseling guru mengambil kegiatan untuk memberikan dukungan lebih kepada murid sehingga murid terus bisa menerima pengetahuan yang diperoleh pada saat proses belajar.

Article Details

How to Cite
Pebrianti, D., & Rasmitadila. (2024). Layanan Bimbingan Konseling untuk Siswa Sekolah Dasar Pasca PPKM. Karimah Tauhid, 3(3), 2638–2651. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12298
Section
Articles

References

Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Jurnal basicedu. 5(6), 5213–5220. Andriyani, W. D., Liana, F., & ... (2022). Bimbingan Mengatasi Lambat Belajar,

Kurang Motivasi Dan Gangguan Emosional. Jurnal Pendidikan …, 2(3).

http://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/228%0Ahttps://jurn al.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/download/228/138

Aripin, Aswari, M., & Amza, A. (2019). Pelayanan bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 39–49.

Evi, T. (2020). Research & Learning in Primary Education Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, 2, 2–5.

Feny Rita Fiantika, Mohammad Wasil, Sri Jumiyati, Leli Honesti, Sri Wahyuni, Erland Mounw, Jonata, Imam Mashudi, Nur hasanah, Anita Maharani, Kusmayra Ambarwati, Resty Noflidaputi, Nuryami, Lu. W. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Haryanti, N. (2022). Layanan Pendidikan Anak Lamban Belajar (Slow Learner) di Sekolah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 437. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1006

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan

Kebudayaan, 17(4), 447–454. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40 Nafisah Nor Saumi, Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam

Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi

COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149–155.

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892

Penelitian, P., Pengabdian, D., Masyarakat, K., Ilham, O. :, Politeknik, J., Makassar, P., Rinjani, J. G., & Bunga, T. (2016). P3M Politeknik Pariwisata Makassar ANALISIS DATA KUALITATIF DALAM PENELITIAN PARIWISATA. Jurnal

Kepariwisataan, 10(01), 59–74.

Prasetyo, T., & MS, Z. (2021). Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.2769

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using blended learning approach (BLA) in inclusive education course: A study investigating teacher students’ perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72-85.

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Tambunan, A., Khairas, E., & Nurtanto, M. (2020). The Benefits of Implementation of an Instructional Strategy Model Based on the Brain's Natural Learning Systems in Inclusive Classrooms in Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(18), 53-72.

Sekolah, A., Di, D., & Mi, S. D. (n.d.). Analisis Pentingnya Bimbingan Konseling Terhadap. 151–157.

Tueno, N. S. (2017). PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna Gorontalo Volume IV Nomor 1 Juni 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, IV(2file:///C:/Users/Acer/Downloads/49-Article Text-134-1-10- 20200110.pdf), 119–128.

Yuhana, A. N. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. 7(1).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.