Kepemimpinan Demokratis: Persepsi Guru Sekolah Dasar

Main Article Content

Destri Rahmawati
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini  untuk mengetahui bagaimana penerapan gaya kepemimpinan pendidikan demokratis di sekolah dasar berdasarkan persepi guru. Data yang dikumpulkan Melalui pengisian kuisioner google from terhadap 15 guru sekolah dasar yang berada di kabupaten bogor diantaranya Sdn Tanjungsari 02, Sdn Antajaya 02, dan Sdn Cilengsi 02. Analisis data yang dilakukan menggunakan kuasi kulitatif. Analisis menemukan empat subtema utama: tantangan, dampak positif, dampak negative, dan manfaat dalam penerapan gaya kepemimpinan pendidikan demokratis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kepemimpinan demokratis, pemimpin harus proaktif dalam menentukan tugas dan nilai setiap guru dan secara konsisten membuat proposal berdasarkan ide-ide yang dipikirkan dengan baik. Dengan demikian, kepemimpinan demokratis dalam pendidikan ditandai dengan proses pengembangan proposal yang melibatkan banyak pemangku kepentingan tetapi juga menghasilkan manfaat yang signifikan seperti meningkatkan modal sosial dan meningkatkan motivasi belajar. Meskipun memiliki efek positif pada menciptakan lingkungan yang mencurigakan, hambatan utama adalah kesulitan mengatasi ketidaktahuan kolektif. Untuk alasan ini, pendekatan seimbang antara partisipasi aktif dan efisiensi manajerial diperlukan untuk memberikan pendidikan yang demokratis, efektif dan berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, D., & Aliyyah, R. R. (2024). Kepemimpinan Demokratis: Persepsi Guru Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(3), 3210–3231. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12253
Section
Articles

References

Badiklatlitbang, P. (2020). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS , MOTIVASI BADAN PENDIDIKAN , PELATIHAN , PENELITIAN DAN KABUPATEN TOLITOLI THE INFLUENCE OF DEMOCRATIC LEADERSHIP STYLE , MOTIVATIONAND WORK DISCIPLINE ON OFFICIALS ’ PERFORMANCE IN THE BOARD OF EDUCATION , TRAINING . 02, 67–80.

Banani, P. F., Dhoni, A. R., & Putri, R. A. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. 4(6), 7526–7531.

Demokratis, G. K., & Dan, D. K. (n.d.). Gaya kepemimpinan demokratis, disiplin kerja dan imbalan finansial terhadap kinerja pegawai pada yayasan persatuan perguruan taman siswa curup. 25(1), 66–81.

Endaryono, B. T., Wasliman, I., Iriantara, Y., & Sauri, U. S. (2021). Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Smk Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Berdaya Saing Di Smk Bina Mandiri Dan Smk Karya Guna 2 Kota Bekasi. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 7(3), 357. https://doi.org/10.30998/jabe.v7i3.9125

Fauzi, F. (2019). Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Dan Kedisiplinan Siswa. Jurnal PAI, 2 no.1, 29.

Febriantina, S., Suparno, Marsofiyati, & Aliyyah, R. R. (2020). How school culture and teacher’s work stress impact on teacher’s job satisfaction. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(8), 409–423. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.8.22

Jonisar, Syatiri Ahmad, Tentri Septiyani, Asmawati, & Dudi Suprihadi. (2022). Konsepsi Kepemimpinan Pendidikan Dalam Islam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 233–240. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.338

Jurnal, J. I. A., Ta, I. A.-, Wulandari, R., Saleh, M., Mukhlasin, A., Jurnal, J. I. A., & Ta, I. A.-. (2023). Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Dalam Mengelola Kinerja Guru di MAS Babussalam Besilam. 2(1), 36–44.

Kedisiplinan, T., Di, G., & Muhammadiyah, S. M. A. (2022). Glatthorn, Allan A. Supervisory Leadership Introduction To Instructional Supervision. Printed in The United States of America: Harper Collins Plublisers, 1990. 12. -24-. 20(1), 24–39.

Kurniawan, H. (2022). Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam: Mengkritik Gaya Kepemimpinan Klasik Di Era Informasi. Proceedings of Internasional Conference on Islamic Studies, 1(1), 5. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/icis/article/view/12668

Lantupa Kumowal, R., & Tuerah, R. (2022). Tipe Kepemimpinan Demokratis dan Relevansinya pada Proses Pembelajaran Pendidikan Kristen. Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(1), 56–65.

Mattayang, B. (2019). Tipe Dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis. JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting, 2(2), 45. https://doi.org/10.35914/jemma.v2i2.247

Nines, N. P., & Oktarini, L. N. (2021). Pengaruh Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Prestasi Kerja Karyawan UD . Percetakan Suci di Gianyar. Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 757–768.

Nurhikmah, I., Widyasari, & Sya, M. F. (2019). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 95–113.

Nurlina, N., Safrida, S., Musmulyadi, M., & Burhan, B. (2021). Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Mempengaruhi Kinerja Pegawai. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i1.1571

Nurzaima, N. (2018). Identifikasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3). https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1847

Purwanto, A., Tukiran, M., Asbari, M., Hyun, C. C., Santoso, P. B., & Wijayanti, L. M. (2020). Model Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan: a Schematic Literature Review. Journal of Industrial Engineering & Management Research (Jiemar), 1(2), 2722–8878. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2

Rachmadhani, S., Manafe, L. A., Manajemen, P. S., Tinggi, S., & Mahardhika, E. (2023). DEMAnD Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS. Msdm, 05(01). https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/demand/article/view/313/242

Rasmitadila, Humaira, M. A., Aliyyah, R. R., & Rachmadtullah, R. (2021). Perceptions of student teachers on collaborative relationships between university and inclusive elementary schools: A case study in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10), 274–290. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.10.15

Rojiati, U., Saloom, M. K. I. G., Rosmawati, M. S., Pi, S., & Fathihani, M. S. (2021). T e o r i.

Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(01), 20–29. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1874

Sekolah, P. K. (2015). Kepemimpinan ideal kepala sekolah. 3(2), 1–4.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581

Yanti, F. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru. Journa Ofl Islamic Education Management , 6(1), 9–24. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>