Aplikasi Discord Sebagai Media Komunikasi Kelompok dalam Tim Pengembang KEEPCALM
Main Article Content
Abstract
Aplikasi Discord digunakan oleh komunitas Keepcalm dengan tujuan mempermudah mereka dalam berkomunikasi jarak jauh menggunakan metode CMC (Computer Mediated Communication). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Discord sebagai komunikasi kelompok yang dilakukan dalam membentuk kohesivitas tim pengembang KEEPCALM. Menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti mengumpulkan data dengan metoda wawancara, observasi dan studi pustaka. Wawancara dilakukan terhadap anggota tim pengembang KEEPCALM dengan prinsip purposive sampling. Hasil penelitian ini pada tim pengembang KEEPCALM yang memanfaatkan aplikasi Discord dalam berkomunikasi kelompok untuk membentuk kohesivitas kelompok dengan menggunakan fitur voice chat, text chat dan share screen. Dengan menerapkan empat elemen komunikasi kelompok yaitu interaksi, waktu, ukuran dan tujuan serta terjadinya groupthink theory karena kohesivitas yang terbentuk.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Daryanto, & Rahardjo, M. (2016). Teori Komunikasi. Yogyakarta: Gava.
Maharani, N. A., & Hastasari, L. (2020). Analisis Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Yogyakarta Mengajar Dalam Membangun Kohesivitas. Ektur Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(3), 254-258.
Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis Ed Ke-3. London (Uk) : Sage Publications.
Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Pratiwi, F. (2014). Computer Mediated Communication (Cmc) Dalam Perspektif Komunikasi Lintas Budaya. Jurnal Komunikasi Profetik, 7(1), 29-30.
Putra, R. E., Kusumadinata, A. A., & Hasbiyah, D. (2022). Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Coding Backend Peserta Studi Indenpenden Mbkm . Karimah Tauhid, 1(6), 777–788. Doi:Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V1i6.7200
Richard, West, & Lynn, T. H. (2017). Pengantar Teori Komunikasi Analisis Dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Ricky, R., Sudrajat, R. H., & Pamungkas, I. N. (2017). Pola Komunikasi Kelompok Game Online Pada Pengguna Game Clash Of Clans Komunitas 1-Ron. Eproceedings Of Management, 206.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitin Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.