POLA KOMUNIKASI KESEHATAN DI DESA RANCAMAYA

Main Article Content

Irlan Awaludin Nur
Sukarelawati
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Salah satu cara yang digunakan oleh aparat desa untuk mengedukasi masyarakat dalam pelaksanaan protokol kesehatan adalah melalui media visual banner dan komunikasi langsung. Aparat Desa Rancamaya melakukan desain banner yang sudah ditetapkan prokolernya oleh ahli. Hal ini untuk mempengaruhi sikap masyarakat ketika melihat dan membacanya guna mencegah penyebaran covid-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini komunikasi persuasif.  Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari aparatur desa, masyarakat setempat, BPD desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana komunukasi kesehatan dilakukan di Desa Rancamaya dalam hal in menghindari serangan penyakit ISPA berupa serangan Covid 19. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif, dengan tenik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh Aparat Desa Rancamaya melalui komunikasi langsung dan bermedia berupa  banner dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu melakukan protokol kesehatan. Beberapa indikator yang membuat proses komunikasi menjadi lebih mudah memahami pesan dalam banner adalah penggunaan simbol atau gambar pada desain banner dan lokasi pemasangan banner.


 


Kata Kunci: Aparatur Desa, Komunikasi Persuasif, Masyarakat desa

Article Details

How to Cite
Irlan Awaludin Nur, Sukarelawati, & Kusumadinata, A. A. (2023). POLA KOMUNIKASI KESEHATAN DI DESA RANCAMAYA . Karimah Tauhid, 2(5), 1976–1985. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10280
Section
Articles

References

Abidin, N. A., & Suryani, M. K. (2020). Covid-19 “Garis Pandang Masyarakat Tentang Covid-19 Dan Adaptasi Kesehidupan Baru”. Indonesia: Guepedia.

Abrella, R., & Kusumadiata, A. (2022). Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Melalui Aktivitas Kuliah Kerja Nyata. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(2), 29-32. Doi:Https://Doi.Org/10.59025/Js.V1i2.6

Andani, Y. A., & Kusumadinata, A. A.–8. (2022). Upaya Penanganan Covid-19 Pada Masa Ppkm Darurat Di Desa Ciapus. Administratie Jurnal Administrasi Publik, 5(2), 73-80. Hämtat Från Retrieved From Https://Ojs.Unida.Ac.Id/Ajap/Article/View/9838

Badruddin, M. (2019). Strategi Public Relations Dompet Dhuafa Republika Dalam Mempertahankan Citra Positif Program Pengembangan Sosial. Skripsi. . Tanggerang : Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah .

Daulay, S. P. (2020). Menghadang Corona : Advokasi Publik Di Masa Pandemik. Yogyakarta: Litera.

Erliana, S. B. (2021). Penerapan Media Promosi Terhadap Minat Anggota Koperasi Kud Berkah Damandiri Pesantunan. Laporan Akhir. Tegal: Politeknik Harapan Bersama Tegal.

Hendri, E. (2019). Komunikasi Persuasif: Pendekatan Dan Strategi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kusumadinata, A., Maulida, M., & Sumah, A. (2022). Village Youth Participation In Educating To Prevent The Spread Of Covid-19. Formosa Journal Of Science And Technology, 1(7), 823-838. Doi:Https://Doi.Org/10.55927/Fjst.V1i7.1738

Mahardhani, A. J., & M, K. (2020). Menjadi Warga Negara Yang Baik Pada Masa Pandemi Covid-19: Persprektif Kenormalan Baru. Jpk (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 5(2), 65-76.

Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis Ed Ke-3. London (Uk) : Sage Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja. Rosdakarya.

Nabawi, M., Erawan, E., & Kadek, D. (2018). Peranan Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatka Minat Baca Masyarakat Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 374-387.

Panjaitan, S. U. (2021). Persepsi Budaya Masyarakat Terkait Sosialisasi 3m Dalam Penanganan Covid-19 Di Kecamatan Tualang. Skripsi. . Riau : Universitas Islam Riau.

Prasanti, D., & Fuady, I. (2018). Pemanfaatan Media Komunikasi Dalam Penyebaran Informasi Kesehatan Kepada Masyarakat (Studi Kualitatif Tentang Pemanfaatan Media Komunikasi Dalam Penyebaran Informasi Kesehatan Di Desa Cimanggu, Kab. Bandung Barat). Reformasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(1), 7-14. Doi:Doi: Https://Doi.Org/10.33366/Rfr.V8i1.921

Putri, N. Q., & Syakurah, R. A. (2022). Persepsi Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Mengenai Usaha Komunikasi Kesehatan Covid-19. Higeia (Journal Of Public Health Research And Development), 6(2), 152-164.

Soemirat, Suryana, S., & Asep. (2016). Komunikasi Persuasif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumartono, S., & Astuti, H. (2018). Penggunaan Poster Sebagai Media Komunikasi Kesehatan. Komunikologi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(1), 8-14.

Yulia, I. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Dan Komunikasi Perubahan Perilaku(Suatu Pendekatan Studi Literature Review). Hearty Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 1-10.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>