Strategi Pemasaran Penerimaan Mahasiswa Baru

Authors

  • Mohamad Aditya Rizaldi Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12079

Keywords:

Pergutuan Tinggi, Strategi Pemasaran, Calon Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran dalam konteks institusi pendidikan tinggi yang menghadapi persaingan ketat. Dalam menghadapi tantangan tersebut, pendekatan pemasaran yang cerdas dan inovatif menjadi kunci bagi perguruan tinggi untuk menarik minat calon mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi-kualitatif melalui wawancara terstruktur dengan tujuh responden yang beragam. Harapannya, temuan dari penelitian ini dapat memberikan wawasan berharga kepada institusi pendidikan tinggi, membantu mereka mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif, meningkatkan daya tarik bagi calon mahasiswa, serta memperkuat posisi kompetitif di pasar pendidikan tinggi.

References

Aan Komariah, D. S. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Abdurrahman dan Sanusi. 2015. Manajemen Strategi. Pemasaran. CV Pustaka Setia. Bandung.

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490

Andreas et.al (2021). Pengaruh Autentisitas Merek Terhadap Komitmen Merek Dengan Kepribadian dan Kepercayaan Pelanggan Pada Produk Apple Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal MIX : Jurnal Ilmiah Manajemen Vol. 11 No. 2 Juni 2021.

Andreas. (2021). Penerapan Strategi Promosi Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 2(6).

Braun, V., Clarke, V., Hayfeld, N., Terry, G.: Answers to frequently asked questions about thematic analysis (2019). Retrieved from https://cdn.auckland.ac.nz/assets/psych/about/our-research/documents/Answers%20to%20frequently%20asked%20questions%20about%20thematic%20analysis%20April%202019. Pdf

Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Hifzul Muiz, M., & Sumarni, N. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa.EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran,1(2), 153-165.

Hossler, D., & Bean, J. P. (1990). The Strategic Management of College Enrollments. Jossey-Bass.

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

McDonough, P. M., & Calderone, S. M. (2006). The rise of meritocracy: Performance and achievement in the admissions process. ASHE Higher Education Report, 31(6), 1-129.

Soekanto, Soerjono. 2002. Teori Peranan. Jakarta : Bumi Aksara.

Thompson, A. A., Strickland, A. J., & Gamble, J. E. (2005). Crafting and executing strategy: The quest for competitive advantage. McGraw-Hill.

Tinto, V. (1975). Dropout from higher education: A theoretical synthesis of recent research. Review of Educational Research, 45(1), 89-125.

Wahyani. (2013). Pengembangan Koleksi Jurnal studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Rizaldi, M. A., & Aliyyah, R. R. . (2024). Strategi Pemasaran Penerimaan Mahasiswa Baru. Karimah Tauhid, 3(2), 2288–2311. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12079
Abstract viewed = 6 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>