Manajemen Pelayanan Administrasi Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kelurahan Muarasari Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor
Main Article Content
Abstract
Kartu Keluarga merupakan kartu tanda keluarga yang memuat tentang jumlah, kekerabatan, dan daftar anggota keluarga. Oleh karena itu, setiap keluarga harus memiliki Kartu tersebut, karena kartu tersebut memuat data tentang identitas kepala keluarga dan seluruh anggota keluarga. Syarat untuk mendapatkan Kartu Keluarga (KK) harus melalui banyak tahapan proses produksi. Salah satu caranya adalah dengan meminta formulir permohonan kartu keluarga pada kantor kelurahan dimana warga tersebut bertempat tinggal, setelah itu akan dirujuk membawa formulir tersebut ke kantor Dinas Kependudukan dan Status Sipil setempat untuk melengkapi prosedur penerbitan kartu keluarga tersebut. Faktanya, masyarakat sering memandang kinerja pemerintah atau segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan pemerintah untuk memperoleh pelayanan terkadang berbelit-belit, rumit, memakan waktu, kurang tanggap, dan tidak sesuai dengan yang kita harapkan bahkan kurangnya sistem didalamnya. Permasalahan lainnya adalah masih adanya pemotongan yang tidak sah atau sering dikenal dengan sebutan pungli sehingga menghambat kegiatan masyarakat dalam melakukan aktivitasnya. Hal ini tentu saja menimbulkan biaya ekonomi yang sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelayanan administrasi kartu keluarga (KK) di Kantor Kelurahan Muarasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan studi pustaka. Penelitian menunjukkan bahwa Bagian Pelayanan administrasi Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kelurahan Muarasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor telah memenuhi standar operasional prosedur (SOP).
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ayu Tridyanthi K. & Nurbaiti. (2022).”Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Pembuatan Akta Kelahiran Dan Kartu Keluarga Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Medan.” EBMA Vol 3, No. 851-857.
Budiharjo.(2017). ”Analisis Kualitas Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-Ktp) Pada Kantor Kelurahan Binong Kecamatan Curug Tangerang.” Spektrum Vol. 14 No. 1. Hal. 40.
Kariana, Muhammad Noor Ifansyah & Murjani. (2018). “Analisis Kualitas Pelayanan
Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-Ktp) Dilihat Dari Aspek Assurance (Jaminan) Di Kantor Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong.” JAPB Vol. 1, No. 1. Hal. 203
Rezha F, Siti Rochmah & Siswidiyanto. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat.” Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1, No.5, Hal. 981-990
Suwandi M., Helmut Martahi Saoloan Tambunan & Faif Yusuf. (2018). “Pengaruh Penerapan Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Kerja Pada Pt.Telkom Indonesia Jakarta.” Managerial – Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 2, hal. 6.
Fitriani I. (2017). “Evaluasi Kebijakan E-Ktp Dalam Mewujudkan Mutu Pelayanan Masyarakat Di Kelurahan Pela Mampang Kecamatan Mampang Prapatan Kota Administrasi Jakarta Selatan.” Jurnal Renaissance. Volume 2 No. 01, Hal. 115-124 Purwanto H. (2009). “Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian.” Vol 5. No.1, Hal. 15-19.
Wati M. & Engla Despahari. (2018). “Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Kelurahan Di Kecamatan Merangkayu Kutai Kartanegara.” JURTI, Vol. 2, No. 1, hal. 48
Hardiyansyah. (2011). “Kualitas Pelayanan Publik.” Yogyakarta: Gaya Media.
Alog A. (2020). “Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak.” JIAP, Vol. 6, No. 1, hal. 94
Dini Azhary U. & Nurul Hafizah. (2017). “ Manajemen Pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Pembuatan Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga.”
Malang. Fikriyah K. & Adi Susianto. (2023). “Manajemen Pelayanan Administrasi Kependudukan Studi Pada Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Genteng Kota Surabaya.” Jurnal Pengabdian Nasional, Vol. 03, No. 01, Hal. 79.