Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Seksi Kelahiran dan Kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor

Main Article Content

Nisrina Putri Ramadanti
Euis Salbiah
Neng Virly Apriliani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat Pengembangan SDM Pada Seksi Kelahiran dan Kematian Di Disdukcapil Kab Bogor. Penelitian ini memakai metode deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini populasinya yaitu Pegawai Seksi Kelahiran dan Kematian Di Disdukcapil Kabupaten Bogor, adapun sampel pada penelitian ini adalah 21 Pegawai Seksi Kelahiran dan Kematian yang akan dijadikan sebagai responden. Perhitungan sampel pada penelitian ini memakai rumus Taro Yamane. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data kuesioner dilakukan dengan rumus WMS untuk menghitung skor rerata. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan jika Pengembangan SDM Pada Seksi Kelahiran dan Kematian Di Disdukcapil Kabupaten Bogor memperoleh nilai rata-rata 4,25 yang masuk kedalam kriteria Sangat Baik. Hal tersebut bisa diartikan bahwa mayoritas pegawai seksi kelahiran dan kematian di Disdukcapil Kabupaten Bogor mendapatkan ataupun menerima pendidikan serta pelatihan, sehingga memiliki kemampuan serta keterampilan yang baik di bidang pekerjaannya. Walaupun masih ada sebagian hal yang perlu ditingkatkan yaitu kesertaan pendidikan dan pelatihan bimbingan teknis (bimtek) kepada seluruh pegawai seksi kelahiran dan kematian.

Article Details

How to Cite
Ramadanti, N. P., Salbiah, E., & Apriliani, N. V. . (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Seksi Kelahiran dan Kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 2(6), 2840–2851. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.10981
Section
Articles

References

Buku

Akdon, dan Ridwan. (2009) Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi & Manajemen. Bandung: Dewa Ruci.

Benjamin, Malusa Tasmann, Rahmat Abdul. (2017) Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Zahir Publishiing.

Busro, Muhamad. (2018) Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadameidia Group.

Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitass Diponegoro.

Mangkunegara, A. Anwar Prabu. (2014) Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

Priansa, D. (2018) Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung:

Alfabeta.

Stephen P, Robbins, (2016) Perilaku Organsasi. Jakarta: PT Indeks, Kelompok Gramedia.

Sedarmayanti. (2016) Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi & Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bandung: PT. Refika Aditama.

Sujono E. (2017) Metode Penelitian Administrasi & Management. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Sugiyono. (2021) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.

Tsauri Sofyan. (2013) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jember: STAIN Jember Pres.

Jurnal

Adinda Ayu Utami. (2020) Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pengujiian Kendaraan Bermotor Jenis Angkutan Barang Dinas Perhubungan Kota Bogor. Universitas Djuanda Bogor.

Dadang, D. (2020) Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia, Etos Kerja dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pemberdayaan Perempuan & Keluarga Berencana Kabupaten Biak. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.

Masirete, I. M. (2020) Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan SIpil Kabupaten Poso. Ekomen, 15(1).

Monalis, E. Rumawas, W & Tumbel, T. M. (2020). Pengembbangan Sumber DayaManusia dan Kepusan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Productivity, 1 (3), 279-284.

Olisah O, Hernawan D, & Purnamasari I. (2019). Analisiis Kompetensi Sumber Daya Manusia Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bogor. Jurnal Governansi, 5(2), 149-156.

Setiyaniingsih, R. (2017). Pengembangan Sumber Daya Aparatur Di Kantor Diinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah, 5(1).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>