PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN BOJONG KIHARIB

Main Article Content

Asih Sunarsih
Rasmitadila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar IPS dan untuk mengetahui seberapa tinggi pengaruhnya. Permasalahan dalam pembelajaran IPS kurangnya tingkat pemahaman dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran IPS, siswa merasa bosan dan kurang memperhatikan guru selama proses pembelajaran. Pada kecerdasan interpersonal terdapat beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam mengikuti diskusi kelompok, terdapat siswa menunjukan perilaku kurang baik terhadap sesama teman. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bojong Kiharib. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dan kausalitas, desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis Sampling Jenuh berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh persamaan regresi Y=53,426 + 0,329X, dengan hasil t hitung > t tabel yaitu sebesar 7,714 > 2,024 bahwa variabel kecerdasan interpersonal (X) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS (Y). Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh besarnya nilai R yaitu 0,781 dan diperoleh koefisien determinasi (R Square) 0,610, maka dapat disimpulkan pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar IPS sebesar 60,9%. Hasil uji signifikansi, berdasarkan perhitungan pada Uji-t 7,714 > 2,024 dengan kesimpulan Ha diterima artinya terdapat pengaruh positif variabel kecerdasan interpersonal terhadap variabel prestasi belajar IPS.

Article Details

How to Cite
Sunarsih, A. ., & Rasmitadila. (2023). PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN BOJONG KIHARIB. Karimah Tauhid, 2(5), 1610–1625. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10320
Section
Articles

References

Amitha, A. F. (2016). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V. 139–154.

Arifin, Z. (2001). Evaluasi instruksional: Prinsip, teknik, prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Cikusin, Y. (2016). Prinsip-Prinsip Dasar Pembelajaran Ips Mi. In Universitas Islam Negeri Raden Fatah Repository.

Dahar, R. willis. (2011). Teori -teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Etty Ratnawati. (2016). Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 2(1).

Fitriani, K. (2019). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Randublatung. Joyful Learning Journal, 6(4), 243–248. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.15320

Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences. Alih bahasa Alexander Sindoro.

Gardner, H. (2011). The theory of multiple intelligences. In Annals of Dyslexia

Indra, H., Alim, A., & Al Farisi, S. (2022). Konsep Pendidikan Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Usia Madrasah Menurut Mahmud Al Mishri. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 66. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.845

Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Lubis, T., Azizan, N., & Arafat, M. (2019). Peran Kecerdasan Interpersonal dalam Perspektif Islam pada Siswa Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4 . 0 1 Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia ( LP3I ) Medan Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Email : tasnimlubis@yahoo.co.

Mustika, I. D. (2016). Regulasi Diri Dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 38. https://doi.org/10.21009/jpd.071.04

Safaria, T. (2005). Interpersonal intelligence: Metode pengembangan kecerdasan interpersonal anak. Yogyakarta: Amara Books.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Dan Belajar.

Sunarto, H. (2008). Perkembangan peserta didik. Jakarta: PT.Rineka cipta.

Susanto, A. (2014). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

UUD RI No. 20. (2003). Presiden republik indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia.

Widyawati, Y, Suharno, B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Questions Flag Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Alam Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. In: SEMINAR NASIONAL PGSD, 13(1), 136

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>