PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS V SDN SELAKOPI KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Ramdani Universitas Djuanda
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda
  • Yusuf Safari Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.13077

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Pembentukan Karakter, Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan adalah salah satu upaya untuk dapat memberikan pengaruh terhadap peserta didik untuk dapat mengembangkan dan dapat mewujudkan potensi-potensi diri dengan baik. Potensi ini dapat berpengaruh baik dan buruknya sesuai dengan lingkungannya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa Kelas V SD Negeri Selakopi Kota Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Selakopi dengan jumlah 45 orang responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling dengan teknik purposive sampling.  Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter siswa kelas V SD Negeri Selakopi Kota Bogor.

References

Adri, H. T., Suwarjono, F. H., Ichsan, M., & Sumarni, D. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Ekonomi Di Desa Pagelaran Ciomas Bogor.

Adri, H. T., Suwarjono, S., Sapari, Y., & Maryani, N. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Policy Direction and Implementation for Progress of Study Program. Continuous Education: Journal of Science and Research, 4(2), 13-22.

Aminu, N., Aswat, H., Amelia, T., & ... (2022). The Influence of the School Environment on Character Students of Class IV SD Negeri 14 Buton. Education, Language, and Culture (EDULEC), 3, 263–268.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Erlina, E., & Adri, H. T. (2022). Perspektif Mahasiswa Pada Matakuliah Pendidikan Kepramukaan Di Program Studi PGSD Universitas Djuanda. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(2), 158-163.

Fiolanisa, S., Lestari, D., Prasasti, D. A., & Santoso, G. (2023). Hubungan Pendidikan Karakter dengan Pola Perilaku Siswa di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 380–390.

Helmi, H., Rustaman, N. Y., Tapilouw, F. S., & Hidayat, T. (2019). Perubahan miskonsepsi siswa pada perkuliahan evolusi melalui dual situated learning model. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 176-180.

Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 137–156. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847.

Lukman Hakim. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.

Makarim, H., Holipah, S., & Helmi, H. (2018). The Development Book OF Story Based Sundanese Culture as Media on Indonesian Language with Pantun Material in IV Class Elementary School. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 70-82.

MAYRA, G. (2013). Hubungan Lingkungan Sekolah, Keluarga, Dan Masyarakat Terhadap Karakter Siswa Smk Negeri Kelompok Teknologi Se-Kabupaten Sleman. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Muhammad. (2021). Lingkungan Pendidikan Perspektif Ki Hajar Dewantara. AR-RAHMAH Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 1(2), 63. http://ejournal.pergunutanjabbarat.or.id/index.php/arrahmah/article/view/10.

Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2),281–289.

Helmi, H., Sesrita, A., & Laeli, S. (2018). Profil Analisis Kebutuhan Modul Ajar pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA di SD Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 24-28.

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 1–9.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Ramdani, Tasti Adri, H., & Safari, Y. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS V SDN SELAKOPI KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 306–312. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.13077

Most read articles by the same author(s)