Kajian Pengaruh Kesadaran Halal dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Bubble Tea pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung
Main Article Content
Abstract
Konsumsi bubble tea kini menjadi sebuah tren di masyarakat khususnya usia remaja-dewasa. Di sisi lain, muncul UU Jaminan Produk Halal yang mewajibkan sertifikasi halal pada semua produk pangan yang beredar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kesadaran halal dan label halal terhadap keputusan pembelian produk bubble tea pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung. Jumlah sampel ditentukan menggunakan teknik Isaac & Michael sebanyak 325 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel label halal dan kesadaran halal secara independent maupun simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian bubble tea. Mahasiswa UM Bandung sebagai mahasiswa dari universitas Islam memiliki kesadaran halal dengan membeli bubble tea yang telah memiliki label halal.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Agroindustri Halal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Agroindustri Halal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Agroindustri Halal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Aprilliawati, M., Kelik Wardiono, S. H., & Azhari, A. F. (2020). Pelaku Usaha Dan Kriteria Halal (Studi Terhadap Proses Produk Halal Pedagang Kaki Lima Di Alun-Alun Kabupaten Ngawi Jawa Timur.
Astuti, R., & Hakim, M. A. (2021). Pengaruh Label Halal dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 1–10.
Astutik, Y. (2019, April 30). Penjualan Bubble Tea Lewat GrabFood Naik 31 Kali Lipat. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190430132514-37-69686/penjualan-bubble-tea-lewat-grabfood-naik-31-kali-lipat
Ghozali, I. (2013). Analisis multivariate program. Badan Penerbit-Undip.
Hastuti, D., & Sumpe, I. (2007). Pengenalan dan proses pembuatan gelatin. Mediagro, 3(1), 39–48.
Hudrasyah, A. N. H. (2017). The influence of Halal awareness, Halal certification, and personal societal perception toward purchase intention: a study of instant noodle consumption of college student in Bandung.
Indonesia. (2017). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (judul asli: Marketing Management), edisi kedua belas, jilid 2. Penerjemah Benyamin Molan. Indeks.
LPPOM MUI. (2020, April 3). Boba, Teliti Kehalalannya. https://www.halalmui.org/mui14/main/detail/boba-teliti-kehalalannya
May, O. S., Isa, M. A. B. M., & Ley, O. C. (2021). Determinants of Customer Satisfaction among Youths Who Consume Bubble Tea (Tealive) in Selangor, Malaysia. Journal Of Advanced Research In Business, Marketing, And Supply Chain Management, 5(1), 42–54.
Pramintasari, T. R., & Fatmawati, I. (2017). Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 1–33.
Puspita, W., Wijayanti, R., & Sunaryo. (2020). The Effects Between Religious Belief, Halal Logo, And Halal Product Knowledge On Purchase Intention Mediated By Halal Awareness (Study On Consumers Of Beverage Franchise Products In Malang). South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 21(5), 306–319.
Rangkuti, F. (2002). Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Gramedia Pustaka Utama.
Sopiah, S. (2013). Perilaku konsumen. Pendekatan Praktis Disertai Himpunan, 99.
SP, S. W., & Hendayana, Y. (2021). Impact of Lifestyle and Halal Labelization on Chatime Drink Product Packaging: A Behavioral Geographic Study. Review of International Geographical Education Online, 11(3), 283–288.
Sundari, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Phi Phi Thai Tea Pada Masyarakat (Muslim) Pekanbaru, Riau. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Yunus, N. S. N. M., Rashid, W. E. W., Ariffin, N. M., & Rashid, N. M. (2014). Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 145–154. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.018