Upaya Peningkatan Mutu Abon Sapi UKM ABC Berdasarkan Kepuasan dan Kepentingan Konsumen

Main Article Content

Ervina Mela
Ike Sitoresmi
Annisa Wulansari

Abstract

UKM ABC merupakan industri pengolahan abon sapi di Kabupaten Purbalingga yang pemasarannya telah meluas hingga ke Banyumas, Cilacap, Bandung, dan Jakarta. Peningkatan permintaan abon sapi, menyebabkan bermunculannya produk sejenis sebagai pesaing. Dalam rangka menghadapi iklim usaha yang semakin kompetitif ini, perusahaan perlu meningkatkan kepuasan konsumen dengan menerapkan strategi perbaikan mutu abon sapi UKM ABC, khususnya yang masih belum memenuhi harapan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan atribut mutu produk yang menjadi prioritas untuk diperbaiki dan memberikan rekomendasi upaya peningkatan mutu produk abon sapi UKM ABC.  Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 200 responden, yang kemudian dianalisis dengan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan atribut mutu abon sapi yang perlu diperbaiki meliputi logo halal pada label kemasan, informasi komposisi bahan pada label kemasan, warna abon, dan informasi tanggal kadaluarsa pada label kemasan. Upaya peningkatan mutu abon sapi yang dapat dilakukan berupa pencantuman logo halal, komposisi bahan, dan tanggal kadaluarsa pada kemasan, perbaikan warna abon dengan pengendalian penggunaan gula, minyak, waktu dan suhu penggorengan.

Article Details

How to Cite
Mela, E., Sitoresmi, I., & Wulansari, A. (2023). Upaya Peningkatan Mutu Abon Sapi UKM ABC Berdasarkan Kepuasan dan Kepentingan Konsumen. JURNAL AGROINDUSTRI HALAL, 9(1), 10–21. https://doi.org/10.30997/jah.v9i1.5388
Section
Articles

References

Anggraini, S. P. A.m & Kun, A. M. (2018) Analisis tingkat produktivitas usaha bumbu pecel terhadap rancangan alat sangrai kacang tanah dan alat pengemas. Seminar Nasional Sistem Informai 9 Agustus 2018 Malang. 1322-1327.

Atmawati, R., & Wahyuddin. (2004). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Matahari departement store di Solo Grand Mall. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 5 (1), 54-61.

Ayu, A., Rahmawati, F., & Zukhri, S. (2016). Pengaruh penggunaan berulang minyak goreng terhadap peningkatan kadar asam lemak bebas dengan metode alkalimetri. Jurnal Ilmu Farmasi, 6(1), 1-7.

Boley, B. B., Mcgehee, N. G., & Hammett, A. T. (2017). Importance-performance analysis (IPA) of sustainable tourism initiatives: The resident perspective. Tourism Management, 58, 66-77. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2016.10.002.

BPOM. (2018). Kumpulan Perundang-undangan Terkait Keamanan Pangan.

Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5 (1), 430-439.

Delfitriani, D., Rahmaningrum, V., & Ginantaka, A. (2020). Desain afektif kemasan produk household care berbahan baku serat selulosa pada PT XY. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 9(2), 134-142. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2020.009.02.7.

Delfitriani, D., Diki, & Uzwatania, F. (2022). Pengembangan konsep desain kemasan produk handsanitizer dengan pendekatan kansei engineering. Jurnal Agroindustri Halal, 8(1), 13-20.

Esmailpour, J., Aghabayk, K., Vajari, M. A. dan De Gruyter, C. (2020). Importance–Performance Analysis (IPA) of bus service attributes: a case study in a developing country. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 142, 129-150. https://doi.org/10.1016/j.tra.2020.10.020

Etikan, I., Musa, S. A. dan Alkassim, R. S. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American journal of theoretical and applied statistics, 5, 1-4. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Hikmatiyar, A. F. (2013). Kajian Pemenuhan Regulasi Pelabelan Produk Olahan Daging di Beberapa Pasar di Kota Bogor. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Izadi, A., Jahani, Y., Rafiei, S., Masoud, A. dan Vali, L. 2017. Evaluating health service quality: using importance performance analysis. International journal of health care quality assurance. https://doi.org/10.1108/IJHCQA-02-2017-0030

Kemenag. (2013). Perilaku komunitas muslim perkotaan dalam mengonsumsi produk halal. Jakarta

Ketaren, S. (2008). Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. UI Press.

Kusnandar, F. (2019). Kimia pangan komponen makro. Bumi aksara,

Levy, P. S. dan Lemeshow, S. 2013. Sampling of populations: methods and applications. John Wiley & Sons,

Mahardhika, V. (2012). Kajian Pemenuhan Syarat Label Minuman Sari Buah di beberapa Pasar Swalayan Kota Bogor. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Teknologi Bogor, Bogor.

Mela, E., Prihananto, V. dan Raharjaningtyas, A. S. (2021a). Atribut Prioritas untuk Perbaikan Mutu Produk Koktail Carica CV XYZ Berdasarkan Tingkat Kepuasan dan Kepentingan Konsumen. Agrin. 24: 137-47. https://doi.org/10.20884/1.agrin.2020.24.2.546

Mela, E., Wijonarko, G. dan Choirunisa, D. (2020). Strategi Pengembangan untuk UKM Abon Ayam Cap Jago di Purwokerto. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah. 15: 40-47.

Mela, E., Wijonarko, G. dan Suciani, I. A. (2021b). Strategi Perbaikan Makanan Khas Bogor. agriTECH. 41: 152-160. https://doi.org/10.22146/agritech.45291

Mustar. (2013). Studi Pembuatan Abon Ikan Gabus (Ophiocephalus Striatus) Sebagai Makanan Suplemen (Food Suplement). Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin, Makasar

Nazari-Shirkouhi, S., Mousakhani, S., Tavakoli, M., Dalvand, M. R., Šaparauskas, J. dan Antuchevičienė, J. (2020). Importance-performance analysis based balanced scorecard for performance evaluation in higher education institutions: an integrated fuzzy approach. Journal of Business Economics and Management. 21: 647-678. https://doi.org/10.3846/jbem.2020.11940

Rangkuti, F. (2018). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, F. (2003). Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer Relationship Strategy. Gramedia, Jakarta.

Rauf, S. (2007). Pengaruh pemberian abon ikan terhadap perubahan status gizi anak gizi kurang umur 24-59 bulan. Tesis. Magister Gizi Masyarakat, Universitas Diponogoro, Semarang.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Susanto, A., Ginantaka, A., & Delfitriani, D. Perancangan sistem jaminan halal produk hand sanitizer di PT. XYZ. Jurnal Agroindustri Halal, 8(1), 33-43.

Tarmizi, A. dan Ulyah. (2017). Pengaruh tanggal kadaluarsa dan label halal pada kemasan produk makanan terhadap keputusan pembelian masyarakat sungai Terap Muaro Jambi. Jurnal Innovation. XVII (1): 45-54. https://doi.org/10.30631/innovatio.v17i1.15

Trubusagrisarana. (2005). Mengolah Minyak Goreng Bekas. Perpustakaan Nasional RI, Surabaya.

Van Der Merwe, M. dan Venter, K. (2010). A consumer perspective on food labelling: ethical or not? Koers. 75(2): 405-428. https://doi.org/10.4102/koers.v75i2.89

Wibowo, D. E. dan Madusari, B. D. (2018). Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian oleh konsumen muslim terhadap produk makanan di Kota Pekalongan. Indonesia Journal of Halal. 1(1): 73-77. https://doi.org/10.14710/halal.v1i1.3400

Widyastuti, W., Karo-Karo, T. dan Lubis, L. M. (2017). Pengaruh perbandingan gula putih dengan gula merah dan penambahan santan terhadap mutu abon jamur tiram. Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian. 5(3): 534-561.

Wijaya, A. W. dan Winiati, P. R. (2014). Pemenuhan regulasi pelabelan produk industri rumah tangga pangan (IRTP) di Bogor. Jurnal Mutu Pangan. 1 (1): 65-73.

Winarno, F. G. (2004). Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Yunus, N. S. N. M., Wan, E. W. R., Norafifa, M. A. dan Norhidaya, H. M. R. (2013). Muslim’s purchase intention towards non-muslim’s halal packaged food manufacturer. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 130 (2014) 145 – 154.https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.018