Pengaruh Jenis Ikan Air Tawar Berbeda Terhadap Karakteristik Mutu Kerupuk Amplang Ikan

Main Article Content

Widya Amirah Maisur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis ikan air tawar berbeda terhadap karakteristik mutu kerupuk amplang ikan yang dihasilkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu melakukan pengolahan kerupuk amplang menggunakan jenis ikan air tawar berbeda (ikan patin, ikan lele dan ikan gabus). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial, dengan 3 perlakuan jenis ikan air tawar berbeda yaitu kerupuk amplang dengan penggunaan daging ikan patin (A1), kerupuk amplang dengan penggunaan daging ikan lele (A2), kerupuk amplang dengan penggunaan daging ikan gabus (A3). Parameter yang diuji dalam penelitian ini adalah uji organoleptik, analisis proksimat dan volume pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan jenis ikan air tawar berbeda memberikan pengaruh yang nyata terhadap nilai organoleptik, analisis proksimat dan uji volume pengembangan pada tingkat kepercayaan 95%. Perlakuan yang terbaik yaitu jenis ikan gabus (A3) dengan presentasi nilai organoleptik rupa (8,60), aroma (7,29), tekstur (8,31) dan rasa (7,32). Sementara untuk nilai proksimat kadar air (1,69%), kadar abu (3,45%), kadar protein (27,97%), kadar lemak (15,49%) dan nilai uji volume pengembangan (462,82%), serta secara keseluruhan produk memenuhi standar SNI.

Article Details

How to Cite
Maisur, W. A. (2019). Pengaruh Jenis Ikan Air Tawar Berbeda Terhadap Karakteristik Mutu Kerupuk Amplang Ikan. JURNAL AGROINDUSTRI HALAL, 5(2), 151–160. https://doi.org/10.30997/jah.v5i2.1801
Section
Articles
Author Biography

Widya Amirah Maisur, Universitas Riau

[BSN]. 2013. Standar Nasional Indonesia. Amplang Ikan. SNI 7762:2013. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Alfisyahrica. 2015. Variasi Bagian Telur dan Persentasenya Dengan Daging Ikan Pada Proses Pengolahan Amplang Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). [Skripsi]. Jurusan Teknologi Hasil Pertanian. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Jember.

Dewita dan Syahrul. 2014. Fortifikasi konsentrat protein ikan patin siam pada produk snack amplang dan mi sagu instan sebagai produk unggulan daerah riau. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia. 17 (2) : 156-164.

Harsono, W. 2006. Pengaruh perbandingan daging ikan lele dengan tepung tapioka terhadap mutu kerupuk ikan yang dihasilkan [Skripsi]. Jurusan Budidaya Perairan. Universitas Jambi.

Laiya, N., Rita M.H., Nikmawatisusanti Y. 2014. Formulasi Kerupuk Ikan Gabus Yang Disubtitusi Dengan Tepung Sagu. Jurnal ilmiah perikanan dan kelautan 2 (2) : 81-87.

Nofitasari, Neli. 2015. Pengaruh Penggunaan Jenis Ikan Yang Berbeda Terhadap Kualitas Pempek. [Skripsi]. Universitas negeri padang.

Novianti, Elma., Suparmi., Desmelati. 2019. Studi Formulasi Pempek Ikan Jelawat (Leptobarbus haovenii) Dengan Penambahan Tepung Sagu Berbeda Terhadap Penerimaan Konsumen. Jurnal Online Mahasiswa FAPERIKA.

Rabiyatul, Adawiyah. 2016. Perbedaan Kualitas Kerupuk Amplang yang Dihasilkan dari Berbagai Sumber Protein. [Skripsi]. Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga. Fakultas Periwisata dan Perhotelan. Universitas Negeri Padang.

Siswanti, R. Baskoro Katri Anandito, Godras Jati Manuhara. 2009. Karakterisasi Edible Film Komposit Dari Glukomanan Umbi Iles-Iles (Amorphopallus muelleri) dan Maizena. Biofarmasi 7 (1) : 10-21.

Supriatna, D., A. Basrah E., Betty .D.S.M., dan Otong S. 1995. Pengaruh Perbandingan Daging Ikan Dengan Tapioca Dan Cara Pengeringan Terhadap Mutu Kerupuk Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) Yang Dibuat Secara Teknologi Intermediet. Warta IHP 12 (1-2) : 78-83.

Supriyadi, Dimas. 2012. Studi Pengaruh Rasio Amilosa-Amilopektin Dan Kadar Air Terhadap Kerenyahan Dan Kekerasan Model Produk Gorengan. [Skripsi] Fakultas Teknologi Pertanian, Institute Pertanian Bogor. Bogor.

Suseno, S.H., P Suptijah., D.S Wahyuni. 2004. Pengaruh Penambahan Daging Lumat Ikan Nilem (Ostheochilus hasselti) Pada Pembuatan Simping Sebagai Makanan Cemilan. Buletin Teknologi Hasil Perikanan 7 (1): 44-55.

Suwarsito. 2007. Pengaruh L-Karnitin Terhadap Kadar Lemak Daging Dan Komposisi Tubuh Ikan Patin (Pengasius hypopthalmus). Jurnal Perikanan 9 (1) : 63-68.

Wiranti, Tika. 2015. Pengaruh Proporsi Tapioka, Tepung Garut, dan Daging Ikan Patin Terhadap Sifat Organoleptik Kerupuk. E-jurnal Boga. 4 (1) : 28-36.