APLIKASI SISTEM ANTRIAN DALAM PELAYANAN KASIR DI KEDAI BUMBU RESTO

Dwi Setiawan

Abstract

Jumlah kedatangan pelanggan yang melampaui kapasitas kemampuan dari pelayanan pekerja kasir membuat pelanggan menunggu yang menyebabkan munculnya antrian. Penelitian ini bertujuan mengukur dan meningkatkan performa kinerja pelayanan kasir di Kedai Bumbu Resto. Penelitian ini menggunakan data primer, diantaranya yaitu data waktu kedatangan pelanggan serta waktu pelayanan (kasir/server). Berdasarkan hasil penelitian diketahui kapasitas pelayanan adalah 1,13 (kinerja pelayanan tidak seimbang dengan kedatangan pelanggan). Rata-rata jumlah pelangan setiap menit sebesar 0,8 kedatangan dan rata-rata pelayanan setiap menit sebesar 0,71 pelanggan. Berdasarkan hasil dari 5 skenario perbaikan, maka skenario ke-3 merupakan skenario paling optimal, dengan penambahan 2 orang pelayan kasir (server). Maka model antrian yang cocok adalah (M/M/3);(FCFS/∞/∞) dengan sistem antrian Multichannel-Single Phase dimana terdapat tiga jalur antrian dengan tiga pelayanan kasir (server).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.