HUBUNGAN ORIENTASI PASAR DENGAN INOVASI PRODUK SAYURAN DI KOTA BOGOR JAWA BARAT

Authors

  • Nadita Universitas Djuanda
  • Ita Novita Universitas Djuanda
  • Himmatul Miftah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jagi.v8i1.5564

Abstract

Sayuran merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Potensi tersebut meliputi nilai ekonomi, kandungan nutrisi yang relatif tinggi dan kemampuan menyerap tenaga kerja yang relatif banyak. Salah satu penghasil sayuran terbesar di Jawa Barat yaitu Kota Bogor. Jumlah produksi sayuran di Kota Bogor cenderung mengalami fluktuasi, sedangkan konsumsi sayuran mengalami peningkatan seiring dengan pertambahan jumlah penduduk.  Banyaknya petani dan petani pendatang baru di Kota Bogor membuat persaingan tidak dapat dihindari. Untuk itu petani harus bisa meningkatkan kinerja pemasaran  dengan melakukan inovasi agar dapat bertahan. Orientasi pasar menjadi penghubung dengan inovasi untuk meningkatkan penjualan sayuran. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan menganalisis orientasi pasar dan inovasi yang dilakukan produsen sayuran, serta hubungan orientasi pasar dengan inovasi sayuran di Kota Bogor. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Data terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi lapang dan wawancara dengan menyebarkan kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur dan instansi terkait. Responden dalam penelitian ini sebanyak 53 orang kelompok wanita tani, kelompok tani dewasa, kelompok taruna tani dan pelaku usaha hidroponik. Analisis data  secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi rank spearman. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pelaku usaha/petani telah melakukan orientasi pasar yang berkenaan dengan pelanggan, pesaing dan koordinasi antar fungsi, (2) Pelaku usaha/petani telah melakukan inovasi yang berkenaan dengan produk, proses dan output,  dan (3) Terdapat hubungan orientasi pasar secara positif dan signifikan terhadap inovasi.  

Kata Kunci : Sayuran, Orientasi Pasar, Inovasi

References

Alam, M.M. 2013. Effect of Market Orientation on Small Business Performance in Small Town in Malaysia: An Emprical Study on Malaysia Small Firms. Journal of Strategic Marketing. 1(3): 91-104

Dhewanto, Wawan dkk. 2013. Inovasi dan Kewirausahaan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Fatmawati, A. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Jurnal Edusains. 4(2): 94-103.

Hujayanti, D. 2020. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja UMKM Krupuk di Desa Harjosari Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Makmur dan Rohana. 2015. Inovasi dan Kreativitas Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sefianti S. 2020. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pabrik Tahu Lorong Koni 1 Kecamatan Jelutung Kota Jambi).Skripsi Program Sarjana Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thahaa Saifudin Jambi.

Sukarman, P., Sularso, A, Wulandari, D. 2013. Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Interventing pada Produk Gula Pasir Sebelas (GUPALAS) Pabrik Gula Semboro PTP Nusantara XI (Persero). Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen. 12(2): 64-79.

Supriyanto, Akhmad, dkk. 2017. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada UMKM Kopiah Haji di Kabupaten Hulu Sungai Tengah). Prosiding Seminar Nasional AIMI. Jambi. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Syifa, F. L. 2020. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM di Era Revoluasi Industri 4.0 (Studi Pada UMKM Makanan dan Minuman Kabupaten Banyumas). Skripsi Program Sarjana Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Utaminingsih, Adijati. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan Jepara. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen. 31(2): 77-87Kohls RL, Uhl JN. 2002. Marketing Of Agricultural Products. New York (US) : MacMilian Publishing Company.

Downloads

Published

2022-04-18

How to Cite

Nadita, Novita, I., & Miftah, H. (2022). HUBUNGAN ORIENTASI PASAR DENGAN INOVASI PRODUK SAYURAN DI KOTA BOGOR JAWA BARAT . JURNAL AGRIBISAINS, 8(1), 32–39. https://doi.org/10.30997/jagi.v8i1.5564
Abstract viewed = 51 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>