ANALISIS PENDAPATAN PETERNAKAN AYAM BROILER POLA KEMITRAAN DI KECAMATAN NANGGUNG KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Nur Muhamad Akbar Illahi
  • Ita Novita
  • Siti Masithoh

DOI:

https://doi.org/10.30997/jagi.v5i2.2320

Abstract

Dalam mengembangkan usaha ternak ayam broiler peternak melakukan usaha dengan menjalin pola kemitraan, sehingga peternak dibantu oleh perusahaan dalam menyediakan sapronak dan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kemitraan antara peternak dan perusahaan, biaya, penerimaan, pendapatan, keuntungan, R/C dan Break Event Point (BEP) pada usaha ternak ayam broiler. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga Maret 2019 di Kecamatan Nanggung.  Metode penelitian sampel menggunakan metode sesus dengan jumlah sampel 18 peternak mitra. Pengolahan dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif (analisis pendapatan, analisis R/C ratio dan Break Event Point). Secara umum penelitian ini menunjukkan hubungan yang dilakukan antara peternak ayam broiler dan perusahaan yaitu pola Inti-Plasma dan kerjasama operasional agribisnis (KOA). Hasil analisis R/C ratio menunjukkan tidak terdapatnya peternak yang mengalami kerugian dengan nilai tertinggi rasionya 1,158 pada peternak skala IV. Hasil analisis Break Event Point (BEP) melebihi titik impas baik BEP produksi dan harga pada setiap skala. Peternak mitra memperoleh banyak manfaat seperti bantuan modal, penyuluhan serta pemasaran hasil.

Kata Kunci : Ayam Broiler, Pola Kemitraan, Biaya, Pendapatan

References

Daftar Pustaka
Angriani, E.D. 2011. Perbandingan Pendapatan Antara Peternak Mitra dan Peternak Mandiri Ayam Broiler di Kabupaten Bungo. [Skripsi]. Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Padang.
Badan Pusat Statistik. 2017. Kabupaten Bogor Dalam Angka 2017. http://bogorkab.bps.go.id [18 Desember 2018].
Ditjen PKH. 2018. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan 2018. Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan. Kementrian RI.
Krisyanto, R. 2008. Teknis Praktik Riset Komunikasi. CV Kencana Prenada. Jakarta.
Muslimin. 2002. Budidaya Bina Ayam. Kanisius.Yogyakarta.
Salam, T. 2006. Analisis Finansial Usaha Peternakan Ayam Broiler Pola Kemitraan, Jurnal Agrisistem, Juni 2006 Vol 2 No. 1.
Subagyo, J. P., 2006. Metode penelitian dalam teknik dan praktek. PT. Rineka

Downloads

Published

2019-12-24

How to Cite

Illahi, N. M. A., Novita, I., & Masithoh, S. (2019). ANALISIS PENDAPATAN PETERNAKAN AYAM BROILER POLA KEMITRAAN DI KECAMATAN NANGGUNG KABUPATEN BOGOR. JURNAL AGRIBISAINS, 5(2). https://doi.org/10.30997/jagi.v5i2.2320
Abstract viewed = 530 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>