PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM INTERAKSI SOSIAL BAGI SISWA AUTISME

Dian Rahmayanti, Rasmitadila Rasmitadila, Teguh Prasetyo

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Tujuan utama di dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial yang dilakukan siswa autis terhadap siswa non autis melaui penggunaan metode pembelajaran kerja kelompok. Pengumpulan data dilakukan melalui cara observasi (kepada siswa autis), wawancara (kepada siswa autis, siswa non autis, dan guru), dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa Interaksi sosial diantara siswa autis dan non autis pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat memberikan rangsangan bagi interaksi siswa autis. Interaksi sosial yang dilakukan oleh siswa autis dan non autis pada saat proses pembelajaran tidak berlangsung menunjukkan siswa autis mampu berkomunikasi dan berbaur dengan siswa non autis. Pengunaan metode kerja kelompok kepada siswa autis dan non autis dapat menciptakan situasi di dalam kelas menjadi lebih menyenangkan sehingga dapat memtotivasi siswa khususnnya siswa autis. Secara umum, interaksi sosial diantara siswa autis dengan siswa non autis memberikan dampak yang baik dalam mencapai tujuan akademik dan sosial siswa autis.

Kata Kunci: Metode keja Kelompok, Interaksi Sosial, Siswa Autis

 

 

EMPLOYING GROUP WORK METHOD IN SOCIAL INTERACTION FOR AUTISTIC STUDENT


ABSTRACT

This research uses qualitative approach with case study type. The main objective in this research is to know how social interaction done by autistic students to non autistic students through the use of group work learning method. The data collection is done by observing the skill of auis students, interviews to autistic students, non autistic students, and teachers, and documentation. The results showed that social interaction among autistic and non autistic students during the learning process took place by using group work method can provide stimulation for the interaction of autistic students. The social interaction performed by the autistic and non autistic students during the learning process did not take place showed that autistic students were able to communicate and mix with non autistic students. The use of group work methods to autistic and non-autistic students can create the situation in the classroom to be more enjoyable so as to motivate students particular autistic students. In general, social interaction among autistic students with non-autistic students provides a good impact in achieving the academic and social goals of autistic students.

 


Keywords


Group Work Method, Social Interaction, Autistic Student

Full Text:

PDF

References


Abdullah dan Safarina. 2013. Sosiologi Pendidikan: Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Rajawali Pers, Jakarta.

Garungan, 2004. Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Giningtiyas, R., interaksi Sosial. Tersedia http://file.upi.edu/Direktori/pdf diakses pada tgl 10 Desember 2016 pukul 13:45 wib.

Kemendikbud. 2016. Modul Bimbingan Karir Pendidikan Inklusif Bagi Kepala, Guru dan Pengawas Sekolah Jengjang SD, SMP, dan SMA. Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, Jakarta.

Majid A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rachmayana. D., 2013. Diantara Pendidikan Luar Biasa Menuju Anak Masa Depan yang Inklusif. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Peeters, T., 2004. Panduan Autisme Terlengkap. Jakarta: Dian Rakyat.

Rachmayana. D., 2013. Diantara Pendidikan Luar Biasa Menuju Anak Masa Depan yang Inklusif. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Setiafitri P. 2014. Karena Kamu Spesial. Kompas Gramedia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

P-ISSN 2442-4544      E-ISSN 2550-0252

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 16720

Gedung B Lt. 3 Ruang Jurnal FKIP

 

 

Currently, Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar indexed by:

                           

 

Creative Commons License

DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats