E-modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa

Main Article Content

Fadilah Belanisa
Fachrur Razi Amir
Desky Halim Sudjani

Abstract

Bahasa Arab sebagai bagaian dari kurikulum madrasah menjadi mata pelajaran wajib yang harus diikuti oleh siswa di madrasah tsanawiyah, dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan yang mencakup empat keterampilan berbahasa yakni,  kemahiran menulis, kemahiran membaca, kemahiran menyimak dan kemahiran berbicara. Namun pada pelaksanaannya, kewajiban mengikuti pelajaran bahasa Arab tersebut tidak diikuti oleh motivasi yang kuat dari peserta didik sehingga empat aspek kemahiran berbahasa sulit dicapai. Pada penelitian ini, melalui media pembelajaran e-modul interaktif diharapkan dalam mempelajari bahasa Arab motivasi peserta didik dapat meningkat. Model pendekatan Research and Development yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4D dengan melalui empat tahap pengembangan yaitu define (pendefinisian), design (Perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa1) bahwa 1) e-modul interaktif dapat meningkatkan motivasi siswa dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab. 2) Penilaian ahli materi e-modul interaktif dikategorikan sangat layak 3) hasil penilaian ahli media e-modul interaktif dikategorikan layak 4) hasil penilaian e-modul interaktif oleh siswa dikategorikan sangat layak 5) pengaruh e-modul interaktif terhadap peningkatan motivasi siswa dikategorikan sangat layak.

Article Details

How to Cite
Belanisa, F., Amir, F. R., & Sudjani, D. H. (2022). E-modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa . Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4754
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 17–26.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E- Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3). https://doi.org/http://dx.doi.org /10.23887/jipp.v3i3.21840

Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa. Universitas Terbuka.

Murdiati, H. (2012). Pengembangan

Modul Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pokok Bahasan Himpunan Untuk Siswa SMP Kelas VII. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Ngaisah, S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar (Modul) Materi Bangun Ruang Berorientasi Pendekatan Induktif SMP Kelas VIII. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Nurdyansyah. (2019). Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W.,Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.1 85

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091. 01

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2 .2279

Wirganata, F., Agustuni, K., & Saindra Santyadiputra, G. (2019). Efektivitas Media E-Modul Berbasis Schology. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(2), 132.https://doi.org/10.23887/janapati. v7i2.13132

Most read articles by the same author(s)