LUGHO: Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Sekolah Dasar

Gungun Gunadi, Fachrur Razi Amir, Agus Mulyana

Abstract


Upaya menginovasi dan mengkreasi pembelajaran secara berkelanjutan menjadi penting seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat beberapa tema materi yang memerlukan bantuan media pembelajaran yang mengakomodir 4 kemampuan bahasa, yaitu menulis, membaca, menyimak, dan berbicara. Penelitian ini bertujuan guna membantu guru dalam proses pembelajaran perlu adanya pengembangan Media Pembelajaran bahasa arab berbasis android untuk kelas IV Madrasah Ibitdaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development menggunakan model empat tahap pengembangan, yaitu Tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development) dan Penyebaran (Deseminate). Hasil penelitian ini menyatakan 1) aplikasi LUGHO sebagai media pembelajaran bahasa arab pada tema Afrodul Usrah merupakan media pengembangan yang sesuai dengan perkembangan zaman; 2) Kelayakan Lugho dalam mendukung pembelajaran ditunjukkan melalui hasil penilaian sejumlah ahli materi dan media (sangat baik) 3) penilaian kualitas oleh guru berkategori Baik; dan 4) hasil uji coba dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, diperlukan penelitian lebih lanjut terkait efektifitas Aplikasi LUGHO pada pembelajaran bahasa arab tema 5 tentang Afrodul Usrah.

Full Text:

PDF

References


Alfin, J., & Pangastuti, R. (2018). Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing untuk Anak Usia Dini Indonesia. Seminar Internasional Dan Diskusi Panel UIN SUNAN AMPEL SURABAYA, 63–78. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/30863/3/Jauharoti Alfin_Bahasa Arab sebagai bahasa asing untuk anak usia dini Indonesia.pdf

Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ekawati, M. (2018). Kesantunan Semu Pada Tindak Tutur Ekspresif Marah Dalam Bahasa Indonesia. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.14421/ajbs.2017.01101

Haryono, A. (2011). Perubahan dan Perkembangan Bahasa: Tinjauan Historis dan Sosiolinguistik. Linguistika, 18(35), 1–9.

Hasanah, M. (2005). Sosiolinguistik dan Pembelajaran Bahasa: Sebuah Kajian Linguistik Edukasional. Lingua: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 3(1).

Hasanah, M. (2011). Urgensi Dan Kontribusi Sosiolinguistik Dalam Linguistik Edukasional. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 2(2), 17–29. https://doi.org/10.18860/ling.v2i2.563

Iskandarwassid, & Suhendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khasanah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Urgensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia). An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 39–54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16

Mardikantoro, H. B. (2012). Pergeseran Bahasa Jawa Dalam Ranah Keluarga Pada Masyarakat Multibahasa Di Wilayah Kabupaten Brebes. Humaniora, 19(1), 43–51. https://doi.org/10.22146/jh.v19i1.890

Maulud, I., Ridwan, & Ohorella, F. (2018). Variasi Bahasa Lisan Pedagang Kaki Lima di Pasar Bastiong. Tekstual, 16(32), 36–45.

Moleong, L. J. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Rosdakarya.

Paramitha, N. P. (2017). Implementasi Pendekatan Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 6(2), 163–191.

Ridlo, U. (2015). Bahasa Arab dalam Pusaran Arus Globalisasi: Antara Pesismisme dan Optimisme. Ihya Al-’Arabiyah, 1(2), 210–226. Retrieved from http://ejournalpba.org/index.php/ihya/article/view/92

Ulya, N. M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–25. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.1.867

Yusuf, E. B. (2016). Sosiolinguistik dan Penerapannya dalam PBA. TURATS, 6(1). Retrieved from http://ftik.iainpurwokerto.ac.id/wp-content/uploads/2016/05/Sosiolinguistik-dan-Penerapannya-dalam-PBA-oleh-Enjang-Burhanudin.doc

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TATSQIFIY: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA ARAB

P-ISSN 2721-155X | E-ISSN 2721-5121

indexed by:

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright  2020 Universitas Djuanda