LUGHO: Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Upaya menginovasi dan mengkreasi pembelajaran secara berkelanjutan menjadi penting seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat beberapa tema materi yang memerlukan bantuan media pembelajaran yang mengakomodir 4 kemampuan bahasa, yaitu menulis, membaca, menyimak, dan berbicara. Penelitian ini bertujuan guna membantu guru dalam proses pembelajaran perlu adanya pengembangan Media Pembelajaran bahasa arab berbasis android untuk kelas IV Madrasah Ibitdaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development menggunakan model empat tahap pengembangan, yaitu Tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development) dan Penyebaran (Deseminate). Hasil penelitian ini menyatakan 1) aplikasi LUGHO sebagai media pembelajaran bahasa arab pada tema Afrodul Usrah merupakan media pengembangan yang sesuai dengan perkembangan zaman; 2) Kelayakan Lugho dalam mendukung pembelajaran ditunjukkan melalui hasil penilaian sejumlah ahli materi dan media (sangat baik) 3) penilaian kualitas oleh guru berkategori Baik; dan 4) hasil uji coba dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, diperlukan penelitian lebih lanjut terkait efektifitas Aplikasi LUGHO pada pembelajaran bahasa arab tema 5 tentang Afrodul Usrah.
Article Details
How to Cite
Gunadi, G., Amir, F. R., & Mulyana, A. (2020). LUGHO: Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Sekolah Dasar. atsqifiy: urnal endidikan ahasa rab, 1(1), 19–27. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2571
Section
Articles
References
Alfin, J., & Pangastuti, R. (2018). Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing untuk Anak Usia Dini Indonesia. Seminar Internasional Dan Diskusi Panel UIN SUNAN AMPEL SURABAYA, 63–78. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/30863/3/Jauharoti Alfin_Bahasa Arab sebagai bahasa asing untuk anak usia dini Indonesia.pdf
Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ekawati, M. (2018). Kesantunan Semu Pada Tindak Tutur Ekspresif Marah Dalam Bahasa Indonesia. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.14421/ajbs.2017.01101
Haryono, A. (2011). Perubahan dan Perkembangan Bahasa: Tinjauan Historis dan Sosiolinguistik. Linguistika, 18(35), 1–9.
Hasanah, M. (2005). Sosiolinguistik dan Pembelajaran Bahasa: Sebuah Kajian Linguistik Edukasional. Lingua: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 3(1).
Hasanah, M. (2011). Urgensi Dan Kontribusi Sosiolinguistik Dalam Linguistik Edukasional. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 2(2), 17–29. https://doi.org/10.18860/ling.v2i2.563
Iskandarwassid, & Suhendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khasanah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Urgensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia). An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 39–54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16
Mardikantoro, H. B. (2012). Pergeseran Bahasa Jawa Dalam Ranah Keluarga Pada Masyarakat Multibahasa Di Wilayah Kabupaten Brebes. Humaniora, 19(1), 43–51. https://doi.org/10.22146/jh.v19i1.890
Maulud, I., Ridwan, & Ohorella, F. (2018). Variasi Bahasa Lisan Pedagang Kaki Lima di Pasar Bastiong. Tekstual, 16(32), 36–45.
Moleong, L. J. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Rosdakarya.
Paramitha, N. P. (2017). Implementasi Pendekatan Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 6(2), 163–191.
Ridlo, U. (2015). Bahasa Arab dalam Pusaran Arus Globalisasi: Antara Pesismisme dan Optimisme. Ihya Al-’Arabiyah, 1(2), 210–226. Retrieved from http://ejournalpba.org/index.php/ihya/article/view/92
Ulya, N. M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–25. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.1.867
Yusuf, E. B. (2016). Sosiolinguistik dan Penerapannya dalam PBA. TURATS, 6(1). Retrieved from http://ftik.iainpurwokerto.ac.id/wp-content/uploads/2016/05/Sosiolinguistik-dan-Penerapannya-dalam-PBA-oleh-Enjang-Burhanudin.doc
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ekawati, M. (2018). Kesantunan Semu Pada Tindak Tutur Ekspresif Marah Dalam Bahasa Indonesia. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.14421/ajbs.2017.01101
Haryono, A. (2011). Perubahan dan Perkembangan Bahasa: Tinjauan Historis dan Sosiolinguistik. Linguistika, 18(35), 1–9.
Hasanah, M. (2005). Sosiolinguistik dan Pembelajaran Bahasa: Sebuah Kajian Linguistik Edukasional. Lingua: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 3(1).
Hasanah, M. (2011). Urgensi Dan Kontribusi Sosiolinguistik Dalam Linguistik Edukasional. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 2(2), 17–29. https://doi.org/10.18860/ling.v2i2.563
Iskandarwassid, & Suhendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khasanah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Urgensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia). An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 39–54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16
Mardikantoro, H. B. (2012). Pergeseran Bahasa Jawa Dalam Ranah Keluarga Pada Masyarakat Multibahasa Di Wilayah Kabupaten Brebes. Humaniora, 19(1), 43–51. https://doi.org/10.22146/jh.v19i1.890
Maulud, I., Ridwan, & Ohorella, F. (2018). Variasi Bahasa Lisan Pedagang Kaki Lima di Pasar Bastiong. Tekstual, 16(32), 36–45.
Moleong, L. J. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Rosdakarya.
Paramitha, N. P. (2017). Implementasi Pendekatan Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 6(2), 163–191.
Ridlo, U. (2015). Bahasa Arab dalam Pusaran Arus Globalisasi: Antara Pesismisme dan Optimisme. Ihya Al-’Arabiyah, 1(2), 210–226. Retrieved from http://ejournalpba.org/index.php/ihya/article/view/92
Ulya, N. M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–25. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.1.867
Yusuf, E. B. (2016). Sosiolinguistik dan Penerapannya dalam PBA. TURATS, 6(1). Retrieved from http://ftik.iainpurwokerto.ac.id/wp-content/uploads/2016/05/Sosiolinguistik-dan-Penerapannya-dalam-PBA-oleh-Enjang-Burhanudin.doc
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.