Pengaruh Penggunaan Thariqah Mubasyarah Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII di Sekolah Qur’an Indonesia Megamendung

Main Article Content

Weni Sainur Mulyani
Fachrur Razi
Agus Mulyana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mengidentifikasi pengaruh penggunaan metode belajar menggunakan Thariqah Mubasyarah terhadap peningkatan minat belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII di Sekolah Qur’an Megamendung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain posttest only. Data yang dikumpulkan yaitu dengan melalui teknik observasi, wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab dan juga kepada siswa-siswi kelas VII Sekolah Qur’an Indonesia, angket penilain berupa kuesioner yang diujikan kepada kelas kontrol dan kelas eksperimen, dan yang terakhir Dokumentasi berdasarkan fenomena langsung yang ada di lapangan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kegiatan belajar bahasa Arab dengan menggunakan metode pembelajaran Thariqah Mubasyarah secara simultan maupun secara parsial berpengaruh terhadap minat belajar bahasa Arab pada peserta didik kelas VII di Sekolah Qur’an Indonesia Megamendung.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Weni Sainur Mulyani, Universitas Djuanda

Pendidikan Bahasa Arab

Fachrur Razi, Universitas Djuanda

Pendidikan Bahasa Arab

Agus Mulyana, Universitas Djuanda

Pendidikan Bahasa Arab

References

Anwar, S. Kamus Al-Misbah. Jakarta: Bina Iman.

Arifin, Z. (2012). Penelitian Penelitian Pendidikan Metode Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Baroroh, U. (2019). Motivasi Belajar Bidang Studi Bahasa Arab . UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta , 1.

Darbo. (2013). Peingkatan Kemampuan Peserta didikBerbicara Dalam Bahaa Atab Dengan Menggunkan Thariqah Mubasyarah Di Kelas V MI Wadas Plantungan Kendal

Darmadi, S. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUdi Utama.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar . Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hermawan, A. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hurlock. (1990). Psikologi Perkembangan . Jakarta: Erlangga.

Jannah, F. (2010). Fakultas-Fakultas Yang Mempengaruhi Minat Peserta didik kelas X-4 Dalam Belajar Bahasa Arab . JUrusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta , 10.

Latipun. (2002). Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.

Lijan Poltak Sinambela, M. M. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pendidikan, D. (1989). Kamus Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Poerwadarminta, W. Kamus Umum Bahasa Indonesia . PN Balai Pustaka.

Pryat, S. (2004). Belajar Efektifitas Perguruan Tinggi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rudi, S. d. (2008). Media Pembelajaran Pembelajaran. FIP UPI.

Saraswati, R. L. (2013). Penggunaan Thariqah Mubasyarah Dengan Media Visual Gambar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa ArabPeserta didik kelas Iii Mi Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung. IAIN Tulung Agung .

Silfy Salwa, Hasan Bisri, Agus Mulyana. (2017). Minat Berwirausaha Ditinjau Dari Hasil Belajar Peserta Didik. Tadbir Muwahhid.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subhan, M. (2015). Efektivitas Penggunaan Metode Mubasyarah Dalam Mengatasi Rendahnya Maharoh Kalam Dalam Pembelajaran Bahasa ArabKelas X Di MAN Yogyakarta III. IAIN Sunan Kalijaga.

Sudijono, Anas. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (Jakarta ). Psikologi Pendidikan . 1989: Rajawali.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.