Penguasaan Jumlah Ismiyyah dan Jumlah Fi’liyyah terhadap Kemahiran Menyusun Paragraf Bahasa Arab Siswa

Main Article Content

Badriati Zahroun Nabila
Fachrur Razi Amir
Awaludin Abdul Ghaffar

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab pada tingkat Madrasah Aliyah atau SMA telah mencapai pada tahap penguasaan empat kemahiaran bahasa. Berdasarkan hasil pengamatan di sekolah, pembelajaran bahasa Arab tidak hanya fokus pada muhadasah saja melainkan juga fokus pada tata kaidah penulisannya. Berdasarkan obervasi yang dilakukan, masih terdapat beberapa siswa yang masih merasa kesulitan dalam memahami kaidah nahwa serta masih merasa kesulitan dalam menentukan dan menempatkan kaidah nahwu pada kolom paragraf yang kosong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah terhadap kemahiran menyusun paragraf bahasa Arab. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor, khususnya di kelas XI Keagamaan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Keagamaan yang berjumlah 39 siswa sesuai dengan jumlah satu kelas. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes penguasaan jumlah ismiyyah, jumlah fi’liyyah dan menyusun paragraf bahasa Arab serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan jumlah ismiyah terhadap kemahiran menyusun paragraf bahasa arab (sig 0,03 < 0,05; t hitung=3,293); 2) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan jumlah fi’liyah terhadap kemahiran menyusun paragraf bahasa arab (sig 0,03 < 0,05; t hitung=3,293), dan; 3) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah secara simultan terhadap kemahiran menyusun paragraf bahasa arab (sig 0,00 < 0,05; F hitung=162,976). Penelitian selanjutnya, direkomendasikan perlu diadakan penelitian lanjutan tentang ilmu nahwu atau yang lainnya serta pengaruhnya terhadap kemampuan menyusun paragraf bahasa Arab.

Article Details

How to Cite
Nabila, B. Z., Amir, F. R., & Ghaffar, A. A. (2020). Penguasaan Jumlah Ismiyyah dan Jumlah Fi’liyyah terhadap Kemahiran Menyusun Paragraf Bahasa Arab Siswa. atsqifiy: urnal endidikan ahasa rab, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2572
Section
Articles

References

Araa’ini, S. S. (2016). Ilmu Nahwu Terjemahan Mutammimah Jurumiyyah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Dewi, A. S. (2016). Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Konawe Selatan. Jurnal Humanika, 1(3).

Jumiyanti, & Afendi, S. B. (2017). Peningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf Melalui Metode Latihan Terbimbing Siswa kelas III SDN 5 Ampana. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(2).

Nuha, U. (2016). Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.
Rappe. (n.d.). Hal Ihwal Jumlah Ismiyah dalam Bahasa Arab (1st ed.).

Suladi. (2014). Paragraf. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ulum, U. M. (n.d.). Majmu’ah Masailu Nadhmira Imriti. Grobogan: Madrasah DIniyah Tajul Ulum.