Efektivitas Metode Audiolingual Dalam Peningkatan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab

Main Article Content

Repi Mei Suryani
Fachrur Razi Amir
Lilis Fauziah Balgis

Abstract




Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran menggunakan metode audiolingual dalam meningkatkan maharah al-kalam bahasa Arab pada materi hiwar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Ciracap, Sukabumi. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode kuasi eksperimen (quasi eksperiment). Desain dalam penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 60 siswa yaitu kelas XI IPS 1 menjadi kelas kontrol dan XI IPS 2 menjadi kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, kelas pretest kontrol memiliki rata-rata nilai 34,90 dan kelas posttest kontrol memiliki rata-rata nilai 43,90. Sedangkan hasil pretest pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 37,07 dan kelas posttest eksperimen memiliki rata-rata nilai 73,59. Dengan dilakukannya perhitungan menggunakan uji t (One Sample Test), di kelas eksperimen diketahui nilai Sign. diperoleh sig 0,437, sehingga 0,437 < 0,05, dengan ini Ho ditolak dan Ha diterima, maka kesimpulan dari penelitian ini ada peningkatan dalam maharah al-kalam bahasa Arab siswa dengan menerapkan metode audiolingual pada kelas XI SMAN 1 Ciracap, Sukabumi.




Article Details

How to Cite
Suryani, R. M., Amir, F. R., & Balgis, L. F. (2022). Efektivitas Metode Audiolingual Dalam Peningkatan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab. atsqifiy: urnal endidikan ahasa rab, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4964
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Darmawati and Dalleq, Ambo. (2019). Hypermedia: Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital (Pertama). CV. Kaaffah Learning Center.

Hamidah, Nur & Sholihah, Niswatun. (2016). Relevansi Penerapan Metode Audiolingual dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Indonesia. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 306–326. http://dx.doi.org/10.21043/ara bia.v8i2.2006

Hanani, Nurul. (2016). Penggunaan Audiolingual Pembelajaran Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 14(2).

Roslawa, Tahir, Mohammad, & Nur, Yunidar. (2017). PENERAPAN METODE AUDIO – LINGUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 7 SINDUE TOBATA. BAHASANTODEA, 5(4), 88–95.

Sardiyana. (2019). PENDEKATAN DAN METODE AUDIO LINGUAL (ANALISIS METODE SAM’IYAH SAFAWIYAH). NASKHI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.47435/naskh i.v1i1.67

Subhayni, Sa’adiah, & Armia. (2017). Keterampilan Berbicara. Syiah Kuala University Press.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, dan R&D. Alfabeta.

Wekke, Ismail Suardi. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Deepublish. Wicaksono, Andri & Roza, Ahmad

Subhan. (2016). Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yani, Damai. (2016). Metode Audio- Lingual dalam Pembelajaran Kaiwa. Lingua Didaktika: Jurna Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 10(1), 9–17. https://doi.org/10.24036/ld.v10 i1.6325