Pengaruh Pembelajaran Baca Tulis Quran Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Teks Bahasa Arab

Authors

  • Dwi Puji Lestari Universitas Djuanda
  • Mustolah Maufur Universitas Djuanda
  • Awaludin Abdul Ghaffar Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4839

Keywords:

Kata kunci : Kemampuan Membaca dan Menulis Teks Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan peneliti secara langsung tekait pengaruh pembelajaran BTQ (Baca Tulis Qur’an) terhadap kemampuan membaca dan menulis teks bahasa Arab siswa kelas 5 MI Al-Hidayah Gorda. pembelajaran BTQ (Baca Tulis Qur’an) merupakan pembelajaran yang wajib diikuti oleh siswa di Madrasah Al-Hidayah Gorda, pembelajaran BTQ di Madrasah Al-Hidayah dimasukkan dalam muatan lokal. Kegiatan pada pembelajaran BTQ banyak berpengaruh pada pembelajaran bahasa Arab khusunya dalam kemampuan membaca dan menulis teks bahasa Arab, hal ini dikarenakan pembelajaran BTQ fokus mempelajari bacaan-bacaan Al-Qur’an termasuk mempelajari makhorijul huruf dan tajwid, serta mengasah siswa dalam menuliskan huruf-huruf hijaiyah secara terpisah maupun menyambung. Maka dari itu tujuan penelitian ini dilakukan  untuk mengetahui dan membeberkan proses kegiatan pembelajaran BTQ terhadap hasil kemampuan membaca dan menulis teks bahasa Arab di kelas V MI Al-Hidayah Gorda. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Informan penelitian ini adalah guru BTQ dan guru bahasa Arab, sedangkan untuk subjek penelitian diambil lima orang siswa. Berdasarkan penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah motivasi dan siswa dalam mempelajari bahasa Arab terbilang cukup rendah, namun setelah siswa mengikuti kegiatan dalam pembelajaran BTQ terdapat peningkatan pada kemampuan membaca dan menulis.

References

DAFTAR PUSTAKA

Albantani, Azkia Muharom. (2018). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH: SEBUAH IDE TEROBOSAN. ttadib Journal of Elementary Education, Vol. 2 (2), Desember 2018, 147–160.

Kusuma, Yuanda. (2018). MODEL-MODEL PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN BTQ DI TPQ/TPA DI INDONESIA. 5(1), 46–58. https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.65 20

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed). Sage Publication,Inc.

Rouf, Abdul. (2017). Al-Quran dalam Sejarah (Diskursus Seputar Sejarah Penafsiran al-Qur’an). Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 1 No 1, 1–22. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v1i 1.1

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, dan R&D. Alfabeta.

Wekke, Ismail Suardi. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Deepublish.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Lestari, D. P., Maufur, M., & Ghaffar, A. A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Baca Tulis Quran Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Teks Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 13–20. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4839
Abstract viewed = 305 times