Thariqah Mubasyarah: Metode Pembelajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi

Desky Halim Sudjani, Gungun Gunadi

Abstract


Pendidikan Bahasa Arab menjadi bagian dari program pengembangan sekolah-sekolah yang beratributkan agama Islam di Indonesia. Keberhasilan suatu kegiatan pembelajaran bergantung dari metode yang akan dipakai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana thariqah mubasyarah dapat dipergunakan pada pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka dengan mengumpulkan sejumlah dokumen empiris. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa thariqah mubasyarah merupakan metode pembelajaran bahasa Arab yang meniadakan penggunaan bahasa ibu. Thariqah mubasyarah diindikasikan dengan dominasi pembelajaran bahasa melalui tutur kata dengan penekanan pada penguasaan mufrodat dalam kehidupan sehari-hari. Juga, pembelajaran kaidah bahasa dilaksanakan dengan peragaan yang menuntut mahasiswa untuk menarik kesimpulannya masing-masing. Partisipasi aktif dosen dan mahasiswa ikut serta menjadi acuan keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian berikutnya diharapkan meneliti implementasi thariqah mubasyarah pada mata kuliah tertentu.

Full Text:

PDF

References


Hizbullah, N., & Mardiah, Z. (2015). Masalah Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah di Jakarta. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(3), 189–198.

Khasanah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Urgensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia). An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 39–54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16

Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Muradi, A. (2014). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 29–48.

Nuha, U. (2016). Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Nurgiyantoro, B. (2018). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UGM PRESS.

Ridlo, U. (2015). Bahasa Arab dalam Pusaran Arus Globalisasi: Antara Pesismisme dan Optimisme. Ihya Al-’Arabiyah, 1(2), 210–226. Retrieved from http://ejournalpba.org/index.php/ihya/article/view/92

Rifa’i, A. (2015). Implementasi Thariqah Al Intiqaiyyah ( Metode Eklektik ) Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Mtsn Kediri 1. Realita, 13(2), 162–172.

Rohman, F. (2014). Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 63–78. https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1131

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ulya, N. M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–25. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.1.867




DOI: http://dx.doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TATSQIFIY: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA ARAB

P-ISSN 2721-155X | E-ISSN 2721-5121

indexed by:

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright  2020 Universitas Djuanda