Google Formulir Sebagai Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Annisa Nurhaliza
Desky Halim Sudjani
Novi Maryani

Abstract

Pandemi Covid-19 mengalihkan kegiatan belajar dan mengajar yang semula dilaksanakan di dalam kelas dengan bertatapan secara langsung menjadi pembelajaran dengan bantuan sistem jaringan yang terintegrasi dengan teknologi dan dilaksanakan di rumah. Seiring dengan pelaksanaan pembelajaran secara virtual ini, pemerintah dan sekolah tetap berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada masa pandemi Covid-19.  Salah satu alternatif dalam proses evaluasi pembelajaran adalah dengan bantuan media evaluasi pembelajaran Google Formulir yang merupakan fitur gratis dari Google Docs dan mudah dikases oleh semua kalangan. Objek penelitian bertempat di MAN 2 Cianjur dengan populasi kelas XI berjumlah 165 peserta didik, pengambilan sampel adalah 50% dari jumlah peserta didik yaitu 83 peserta didik sebagai fokus penelitian. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi fungsional yang bertujuan mencari pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat, sedangkan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa Google Formulir memiliki pengaruh sebesar 4.7% terhadap hasil belajar dan data hasil observasi menunjukan ketertarikan responden terhadap Google Formulir yaitu Kemampuan mengoperasikan/ menggunakan media 67.8%, Suka dengan penggunaan Google Formulir 58.6%, efisiensi waktu 58.6%, mudah dimengerti 48.3%, mudah diakses 60.9%, dan menghemat penggunaan kertas 58.6%. Adapun hasil analisis uji hipotesis menunjukan nilai 2,001>1,989 yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel media evaluasi pembelajaran Google Formulir dengan hasil belajar bahasa Arab peserta didik.

Article Details

How to Cite
Nurhaliza, A., Sudjani, D. H., & Maryani, N. (2020). Google Formulir Sebagai Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4722
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, O. S., & Ag, M. (2011). Evaluasi pembelajaran berbasis it dan implikasinya terhadap peningkatan kualitas pendidikan.

Anita. (2011 : 120). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. In Yus. Jakarta: Kencana.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (1997). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrul, R. A. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Basleman, A., & Mappa, S. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam.

Lestari, K. E. (2015 : 190). Penelitian Pendidikan Matematik. Bandung: Refida Aditama.

Lestari, W. I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika, 129– 141.

Lutfi Syauki, K. &. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Media dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru SMA di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik.

Muzaffar, A. (2017). Derivasi Indikator Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Lisanuna.

Mustofa, S. (n.d.). In Filsafat Pembelajaran Konstruktivisme (p. 100).

Nazir, M. (2009, p.24). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia. Nunuk Suryani, A. S. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.