Sistem Pembelajaran Kurikulum Darurat SD Islam Nurul Jihad Cicurug Pasca Pencabutan PPKM

Main Article Content

Dinda Aulia
Rasmitadila

Abstract

Dengan hadirnya pandemi Covid-19 di akhir tahun 2019 lalu, menjadikan banyak guru kesulitan didalam melakukan kegiatan pembelajaran dan juga membuat siswa kurang konsentrasi pada saat pembelajaran berlangsung karena kegiatan tersebut diadakan secara daring atau jarak jauh, dengan demikian kurikulum yang digunakan pun berubah menjadi kurikulum darurat. Virus Corona atau Covid-19 adalah salah satu virus yang bisa menimbulkan gangguan baik itu dengan gejala ringan atau pun berat. Penelitian ini bermaksud untuk memahami bagaimana sistem pembelajaran kurikulum pasca pencabutan ppkm di sekolah dasar. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah SD Islam Nurul Jihad Cicurug. Akumulasi data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan cara wawancara semi-terstruktur. Dari hasil penelitian peneliti menemukan ada beberapa permasalahan didalam proses pembelajaran baik yang dialami oleh guru dan juga siswa. Penelitian ini telah memberikan solusi dan dampak positif bagi guru dan juga siswa untuk mengatasi permasalahan yang dialami. Dengan adanya pencabutan ppkm setelah terjadinya Covid-19 maka satuan pendidikan pun menjadi lebih leluasa melakukan pengembangan kurikulum yang sudah berubah kembali seperti biasanya dan merubahnya menjadi kurikulum 2013.

Article Details

How to Cite
Aulia, D., & Rasmitadila. (2023). Sistem Pembelajaran Kurikulum Darurat SD Islam Nurul Jihad Cicurug Pasca Pencabutan PPKM. Karimah Tauhid, 2(6), 2446–2453. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.9622
Section
Articles

References

Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data, 1–15.

Fadliyati, R. (2019). Penggunaan Media S2DLS (Sony Sugema Digital Learning System) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada SMA Alfa Centauri Bandung (Studi Deksriptif Korelasional Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Siswa Kelas X MIA Di SMA Alfa Centauri Bandung). Bandung, 2 No.1, 38–66. http://repository.upi.edu/id/eprint/17046

Hakam, S. M. (2018). Bab Iii Metodologi Penelitian Kualitatif. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Hamsa Ramadhan, A., Fadillah, H., Khaliza, R., & Nasution, I. (2022). Penerapan Kurikulum Darurat sebagai Strategi Pendidikan dalam Kondisi Pandemic Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 401–407. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2383

Ii, B. A. B. (2020). Analisis Pemanfaatan Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi COVID-19 di SMK Negeri Ngadirojo. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Juliawan, I. W., Bawa, P. W., & Qondias, D. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 157–169. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.342

Jusuf, R., & Maaku, A. (2020). Kurikulum Darurat Covid 19 di Kota Kotamobagu ; Fenomena dan Realita Guru Madrasah Rahmathias Jusuf Asri Maaku. Jurnal Ilmiah Iqra’, 2, 155–170. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII%0AKurikulum

Los, U. M. D. E. C. D. E. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.

Muniruddin. (1967). @ Metodologi Pengembangan Masyarakat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–99.

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, R., & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 894–902. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.388

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Sanjaya, J. B., & Rastini, R. (2021). Implementasi Kurikulum Darurat di Masa Pandemi COVID-19 Dalam Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan. JIL : Journal of Indonesian Law, 1(1), 161–174. https://doi.org/10.18326/jil.v1i2.161-174

Setyawan, D. A. (2013). Data dan Metode Pengumpulan Data Penelitian. Metodologi Penelitian, 9–17.

Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar.

Tobing, D. hizki, Herdiyanto, Y. K., & Astiti, D. P. (2016). Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udaya, 42. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/870ba33936829bb37ecd8f62f8514ba7.pdf

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>