Peran Guru Dalam Kesulitan Menulis Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Putri Liani Azzahra Universitas Djuanda
  • Yuriva Andara Universitas Djuanda
  • Zahrina Zahirah Ramlan Universitas Djuanda
  • Megan Asri Humaira Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.9115

Keywords:

Peran guru, Kesulitan menulis, Siswa kelas 1, Sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengupas peran seorang guru dalam menghadapi siswa kelas 1 sekolah dasar yang mengalami kesulitan menulis. Permasalahan dalam menulis sangat banyak ditemukan hampir di setiap sekolah. Penanganan para guru menjadi utama dalam kasus kesulitan menulis khusunya di kelas 1 sekolah dasar. Pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus melalui wawancara kepada 3 narasumber yaitu guru wali kelas 1. Ada 3 fokus penelitian yang di terapkan pada instrumen wawancara yaitu pengalaman, solusi, dan metode pembelajaran. Hasil penelitian bahwa faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan menulis pada siswa. Harapannya solusi yang sudah di implementasikan dapat membantu para siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam menulisnya. 

References

Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal Of Islamic Elementary School, 2(2), 147–158.

Andayani, N. P. S. N., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Pada Kelas X4 Sma Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Erma, S. Y. (2010). Kesulitan Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan.

Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360–7367.

Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1). Https://Doi.Org/10.30595/Dinamika.V10i1.4049

Nainggolan, V. (2020). Peran Bimbingan Orang Tua Dalam Kemandirian Belajar Anak Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 2.

Setyawan, A., Sholihah, A., Rita, S. M., Alfiya, N., & Nurfajri, R. A. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Sd Pangpong. Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro, 1(1).

Syahrudin, D. (2010). Peranan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis. Eduhumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1).

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (Mmp) Di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47.

Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal Of Islamic Elementary School, 2(2), 147–158.

Andayani, N. P. S. N., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Pada Kelas X4 Sma Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Erma, S. Y. (2010). Kesulitan Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan.

Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360–7367.

Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1). Https://Doi.Org/10.30595/Dinamika.V10i1.4049

Nainggolan, V. (2020). Peran Bimbingan Orang Tua Dalam Kemandirian Belajar Anak Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 2.

Setyawan, A., Sholihah, A., Rita, S. M., Alfiya, N., & Nurfajri, R. A. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Sd Pangpong. Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro, 1(1).

Syahrudin, D. (2010). Peranan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis. Eduhumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1).

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (Mmp) Di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Putri Liani Azzahra, Yuriva Andara, Ramlan, Z. Z. ., & Humaira, M. A. . (2023). Peran Guru Dalam Kesulitan Menulis Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(6), 2612–2622. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.9115

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>