Analisis Kurikulum Bilingual Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Brazil untuk Siswa Tahun Pertama Sekolah Dasar di Kutip Melalui “Jurnal Brazillian English Languange Teaching”

Main Article Content

Zahrina Zahirah Ramlan
Siti Nur Rizkiah

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sebuah jurnal yang berasal dari negara Brazil yang bertujuan untuk mengupas terkait pengimplementasian pembelajaran bahasa inggris di Brazil khususnya di sekolah dasar. Setelah mengalami perubahan pada sistem pendidikan, Brazil membuat kebijakan baru dengan menerapkan program kurikulun bilingual. Kurikulum bilingual menjadi sebuah landasan dalam pembelajaran bahasa inggris di lembaga pendidikan. Praktik literasi sebagai bahan ajar yang di implementasikan oleh guru, sehingga dapat meningkatkan fonem pada siswa di tahun pertama sekolah dasar. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti mengadakan dua kegiatan sebagai uji coba kepada dua kelas 1-A dan 1-B sekolah dasar. Partisipan yang dilibatkan berjumlah 29 yang terbagi menjadi dua kelas. Daru hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas 1-A lebih unggul dalam menyelesaikan tugas dibandingkan 1-B. Karena siswa 1-A sudah terlebih dahulu mempelajari kurikulum bilingual pada masa pra sekolah. Sedangkan siswa 1-B menjadi tahun perdana mereka mempelajari kurikulum bilingual di sekolah dasar. Dengan demikian kelas 1-B lebih banyak kesulitan dan hambatan yang ditemukan saat dilakukan uji coba oleh peneliti. Maka bilingual sangat mempengaruhi dalam berkemampuan bahasa Inggris terutama jika di pelajari sejak dini. Karena berdampak positif bagi aspek kognitif serta peningkatan linguistik pada anak.

Article Details

How to Cite
Ramlan, Z. Z. ., & Rizkiah, S. N. . (2023). Analisis Kurikulum Bilingual Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Brazil untuk Siswa Tahun Pertama Sekolah Dasar di Kutip Melalui “Jurnal Brazillian English Languange Teaching”. Karimah Tauhid, 2(6), 2595–2601. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.9370
Section
Articles

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30.

Bialystok, E. (2001). Bilingualism In Development: Language, Literacy, And Cognition. Cambridge University Press.

Bialystok, E. (2009). The Good, The Bad, And The Indifferent. Bilingualism: Language And Cognition, 12(1), 3–11. Https://Doi.Org/10.1017/S1366728908003477

Bradley, L., & Bryant, P. E. (1983). Categorizing Sounds And Learning To Read—A Causal Connection. Nature, 301(5899), 419–421.

Fadli, R. V. (2020). TINJAUAN FILSAFAT HUMANISME: STUDI PEMIKIRAN PAULO FREIRE DALAM PENDIDIKAN. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.30736/Rf.V9i2.317

King, K. A., & Mackey, A. (2007). The Bilingual Edge: Why, When, And How To Teach Your Child A Second Language. Collins New York.

Maulidiah, R. H., & Saragih, S. R. D. (2019). IMPLIKASI DARI FONOLOGI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA KEDUA. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan, 0, Article 0. Http://Jurnal.Una.Ac.Id/Index.Php/Semnasmudi/Article/View/847

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring The Educational Value Of Indo-Harry Potter To Design Foreign Language Learning Methods And Techniques. International Journal Of Learning, Teaching And Educational Research, 21(10), 341–361. Https://Doi.Org/10.26803/Ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Writing Poster At Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31.

Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.29313/Ga:Jpaud.V5i1.8437

Zainal, A. G., Risnawaty, R., Hassan, I., Rt Bai, R., & Febriani Sya, M. (2022). The Comparative Effect Of Using Original Short Stories And Local‎ Short Stories As Two Types Of Cultural Sources On Indonesian‎ EFL Learners’ Reading Comprehension. International Journal Of Society, Culture & Language, 10(1), 143–152.