Analisis Konjungsi Dalam Karangan Deskriptif pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Main Article Content

Vania Salsa Nabila Talaar
Resti Nadia Putri
Siti Nur Rizkiah
Megan Asri Humaira

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa bagi siswa sekolah dasar. Salah satu keterampilan menulis yang dapat dilakukan siswa sekolah dasar ialah menulis karangan, baik itu karangan naratif, karangan deskriptif, karangan argumentatif, karangan persuasif, maupun karangan eksposisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan konjungsi dalam karangan deskriptif pada siswa kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif. 15 siswa kelas 5 SDN 2 Kuta Sukabumi berpartisipasi dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi yang berbentuk lembar karangan teks deskripsi hasil karya siswa. Hasil yang didapatkan yaitu siswa dapat menggunakan konjungsi dengan benar dalam menulis karangan deskriptif. Konjungsi yang digunakan siswa dalam menulis karangan deskriptif adalah konjungsi adalah, yang, dan, agar, dengan, atau, serta, dan sedangkan. Konjungsi yang serta dan sering dipakai dalam karangan dan berjumlah banyak.

Article Details

How to Cite
Talaar, V. S. N., Putri, R. N. ., Rizkiah, S. N., & Humaira, M. A. . (2024). Analisis Konjungsi Dalam Karangan Deskriptif pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 496–505. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.9110
Section
Articles

References

Ardiansyah, R., Pranoto, A., & Safitri, A. N. (2023). Urutan Pemerolehan Konjungsi Intrakalimat pada Usia Kelas Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(2), 570–582.

Arianti, R., Adnan, & Yamin, M. (2017). KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KONJUNGSI DALAM WACANA DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 59–64.

Chandra, S. N., Enawar, Ramdhani, I. S., & Sumiyani. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas IV di Sd Negeri Pasirgadung 1 Kabupaten Tangerang. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.45

Dewi, E. S. (2018). Analisis Konjungsi Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Penyiaran Pendidikan Islam (YAPPI) Payak Tahun 2017. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 106–116.

Fau, H. S., Laia, A., & Ndruru, K. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Koordinatif dalam Karangan Argumentasi. Jurnal Education and Development, 9(2), 626–630. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2958

Herawati, I., Kanzunnudin, M., & Wiranti, D. A. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Penulisan Karangan Deskripsi Siswa Kelas Iv Sd 04 Besito Kudus. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 127–132. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8643

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85–99. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27

Inggriyani, F., & Pebrianti, N. A. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 1–22. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175

Nugraha, O. A., Ngalim, A., & Nasucha, Y. (2015). Penggunaan Konjungsi Dalam Bahasa Tulis Dan Lisan Oleh Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar Baki Pandeyan 01 Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 43–50.

Resgita, B., & Zultiyanti. (2022). Penggunaan Konjungsi Subordinatif dalam Kumpulan Cerita Rakyat Belitung. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 11(1), 106–118. https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.1633

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Saadah, A., Wulan, N. S., & Sumiati, T. (2021). Analisis Kesalahan Ejaan dan Konjungsi dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV Sebagai Strategi Pembelajaran Menulis. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 586–596. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/1924%0Ahttp://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/download/1924/1775

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>