Penerapan Tugas Berbasis Input Bagi Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Siti Nur Rizkiah
Zahrina Zahirah Ramlan

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang diajarkan sebagai mata pelajaran di sekolah dasar. Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris diperlukan suatu metode pengajaran baru yang memudahkan pemahaman siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkenalkan dan mencari tahu apakah pendekatan berbasis tugas cocok untuk memungkinkan siswa sekolah dasar menggunakan bahasa Inggris secara sukarela di kelas dan memahami bahasa Inggris berdasarkan tugas yang diberikan. Metode pada artikel ini menggunakan studi pustaka. Hasilnya menunjukkan bahwa bahasa ibu (Jepang atau Indonesia) sering digunakan untuk komunikasi di dalam kelas, sedangkan bahasa Inggris digunakan untuk mengulang kata target atau menegosiasikan arti kata target. Pemahaman siswa meningkat karena siswa mengetahui metode kerja tugas yang harus dijalankan. Dengan demikian, pendekatan berbasis tugas dapat diterapkan untuk siswa sekolah dasar dengan menerapkan tugas berbasis input, karena membantu siswa untuk memahami setiap input kosakata asing dari guru yang belum dipelajarinya.

Article Details

How to Cite
Rizkiah, S. N. ., & Ramlan, Z. Z. . (2023). Penerapan Tugas Berbasis Input Bagi Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(4), 794–803. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.9391
Section
Articles

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Sarah, Y., Chotimah, O., & Merliyani, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. EDUMASPUL: JURNAL PENDIDDIKAN, 6(1), 974–980.

Angyuningsih, N. W. E. (2013). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Dalam Pembelajaran Introduction. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, 20, 1–17.

Duong, P.-T., Perez, M. M., Desmet, P., & Peters, E. (2021). Differential Effects of Input-based and Output-based Tasks on L2 Vocabulary Learning. Canadian Journal of Applied Linguistics, 24(3), 120–144. https://doi.org/10.37213/cjal.2021.31183

Ellis, R. (2003). Task-Based Language Learning and Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Ellis, R. (2009). Task-based language teaching: Sorting out the misunderstandings. International Journal of Applied Linguistics, 19(3), 221–246. https://doi.org/10.1111/j.1473-4192.2009.00231.x

Ellis, R. (2020). Task-based language teaching for beginner-level young learners. Language Teaching for Young Learners, 2(1), 4–27. https://doi.org/10.1075/ltyl.19005.ell

Erlam, R., & Ellis, R. (2018). Input-based tasks for beginner-level learners: An approximate replication and extension of Erlam & Ellis (2018). Replication Research, 52(4), 1–22. https://doi.org/10.1017/S0261444818000216

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Shintani, N. (2012). Input-based tasks and the acquisition of vocabulary and grammar: A process-product study. Language Teaching Research, 16(2), 253–279. https://doi.org/10.1177/1362168811431378

Shintani, N. (2014). Using tasks with young beginner learners: the role of the teacher. Innovation in Language Learning and Teaching, 8(3), 279–294. https://doi.org/10.1080/17501229.2013.861466

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Wijaya, I. K. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 120–128. https://doi.org/10.21009/bahtera.142.02

Zakaria. (2019). Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah Ibtidaiyah. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 15–22. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/52%0Ahttps://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/download/52/38