PENGARUH STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST (PQRST) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Uly Al Mafruhah
Megan Asri Humaira
Irwan Effendi

Abstract

Pemahaman membaca seorang siswa dianggap penting untuk keberhasilan kegiatan belajar selama di sekolah. Hal ini dikarenakan semua mata pelajaran memerlukan pemahaman konsep dan teori yang dapat dipahami melalui kegiatan membaca salah satunya membaca intensif, yaitu membaca dengan cermat untuk memahami teks atau membaca isinya dengan benar dan tepat.  Akan tetapi, membaca intensif siswa dinilai kurang dan berdampak pada proses pembelajarannya. Oleh karena itu, pada proses pembelajaran membaca terdapat strategi Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) yang diharapkan mampu menjembatani permasalahan dalam proses belajar membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) terhadap peningkatan kemampuan membaca intensif pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 01 Pasirmuncang. Hasil penelitian ini diperoleh dari tes essay dari nilai Pretest dan Posttest. Hasil analisis data dalam penelitian ini dengan melihat hasil uji Independent sample t-test Sig. 2-tailed diperoleh hasil Sig. 0,000 < 0,05 maka keputusan Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini didukung dengan hasil perolehan skor rata-rata Pretest kelas eksperimen 50,446 sedangkan Pretest kelas kontrol 48,500 dan perolehan skor rata-rata Posttest kelas eksperimen 84,554 sedangkan Posttest kelas kontrol 69,333. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan memberikan perlakuan strategi PQRST terhadap peningkatan kemampuan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 01 Pasirmuncang.

Article Details

How to Cite
Al Mafruhah, U., Humaira, M. A., & Effendi, I. (2023). PENGARUH STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST (PQRST) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR. Karimah Tauhid, 2(5), 1640–1647. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10048
Section
Articles

References

Fadhillah, D., & Novianti, E. (2021). Metode Inkuiri sebagai Alternatif Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif pada Ranah Kognitif C1,C2 dan C3. Jurnal Basicedu, 5(3), 1111–1119. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.857

Harefa, T. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode SQ3R dengan Media Gambar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.2125

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526

Isnaini, I., Safruddin, S., & Setiawan, H. (2021). KORELASI MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SETELUK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), Article 4. https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2436

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Marlini, C. (2018). PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST (PQRST) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DI KELAS IV SD. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), Article 2.

Sisdiknas, U. (n.d.). UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. Retrieved February 11, 2023, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Yandryati, J., Gumono, G., & Purwadi, A. J. (2017). KEMAMPUAN MEMBACAKAN TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII 1 SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3272

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>