Karakteristik Belajar Siswa SD Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.6451Abstract
Pandemi covid-19 memiliiki banyak dampak terhadap kehidupan bermasyarakat, salah satunya yaitu perubahan yang dirasakan adalah dalam bidang pendidikan, dimana pembelajaran disekolah diputus dan dilaksanakan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai dampak pandemi covid-19 terhadap perkembangan anak sekolah dasar yang meliputi perkembangan kogniif, bahasa dan sosial-emosional. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus eksplorasi dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode studi kasus kualitatif yang dipergunakan untuk memperoleh informasi mengenai dampak pandemi covid-19 terhadap perkembangan karakteristik anak sekolah dasar. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari 2 guru mata pelajaran dan wali kelas yang bertempat tinggal di desa Telupinang kecamatan Ciawi dan satu guru mata pelajaran yang bertempat tinggal di Ciseeng kabupaten Bogor. Teknik wawancara terstruktur digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan penelitian ini, kegiatan belajar mengajar berubah yaitu dengan menggunakan jaringan jarak jauh atau daring dan home visit atau mendatangi rumah siswa. Hal ini memberikan dampak pada guru dan siswa, dikarenakan materi yang diberikan kurang maksimal dan terganggunya proses pembelajaran yang menyebabkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Sehingga menjadikan materi tidak tuntas dan penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran daring tidak maksimal. Penilaian siswapun terkendala dengan sekedar penilaian kognitif. Pada masa pandemi covid-19 ini dapat dilihat bahwa perkembangan anak menjadi terhambat karena disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah dalam kegiatan pembelajaran, kompetensi dasar tidak diharuskan untuk dicapai oleh para siswa, siswa menjadi kurang memahami materi yang disampaikan karena guru tidak menyampaikan secara langsung, tidak adanya kegiatan tatap muka, siswa menjadi tidak semangat dalam belajar, tidak adanya kegiatan sekolah menyebabkan anak semakin bosan, menurunnya motivasi belajar siswa, kurangnya sosialisasi dengan teman-teman sebaya.
References
Amalia, A. F., & Adi, D. P. (2021), Tingkat Keberhasilan Sistem Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran IPS: Studi Kasus Siswa MTs Nurul
Jadid Randuboto Sidayu Gresik. Solidarity: Journal of Social Studies, 1(1), 1-12. Ariyanto, R. D., Andrianie, S., & Hanggara, G. S. (2020). Implementasi pendidikan karakter di masa pandemi covid-19: Tantangan dan Kontribusi
Atriyanti, Y. (2020). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 368-376.
http://proceeding.semnaslp3m.unesa.ac.id/index.php/Artikel/article/view/76 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/download/27830/15867/0 https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/4988
https://www.kompasiana.com/amp/aarizki999/61fb5c98b4616e32f019c112/dampak- pembelajaran-daring-terhadap-pendidikan-karakter-siswa-sdn-3-klampok
Babayev, O. M. (2019). The Evaluation of Children's Mental Health Problems Children Deprived of Parental Care Journal Azarbaycan Maktabi Ministry of Education of Azerbaijan, 2 https://doi.org/10.29228/edu.4
Sekolah Dasar. Primary: Jumal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 836-851. Heriansyah,
H. (2019). The Importance Of Character Education: The English Teacher's Efforts And Challenges In Students character Building. International Conference On
Piaget, J. (1964) Cognitive development in children, Journal of Research in Science Teaching, 2(2), 176-186.
Setiawan, A. (2021). Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Arini, Rasmitadila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.