Kompetensi Guru SD Selama Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Nadia Wirdha Sutisna
Rasmitadila

Abstract

Pendidikan tidak akan ada habisnya, Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan  kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Manusia dididik menjadi orang yang berguna baik bagi Negara,Nusa dan Bangsa. Sekolah merupakan lembaga formal yang diberikan tugas untuk mendidik. Peranan Sekolah sangatlah besar karena sekolah sebagai sarana tukar pikiran diantara peserta didik. Namun saat ini pada tahun 2022 ini terjadi pandemi dimana mengakibatkan permasalahan baru dalam dunia pendidikan, dimana sekolah yang dikenal sebagai lemabaga formal tidak bisa berjalan dengan baik dikarenakan dunia dilanda virus covid-19. Dalam lembaga formal, sekolah tentu sangat perlu peran guru terutama dalam  menanggulangani permasalahan tersebut, tentu saja kompetensi guru yang baik sangatlah diperlukan dimasa pandemi covid-19 ini. Karna dalam proses pembelajaran di kelas, guru dipandang dapat memainkan peran penting yaitu dalam membantu peserta didik untuk membangun sikap positif dalam belajar, membangkitkan rasa ingin tahu, mendorong kemandirian dan ketepatan logika intelektual, serta menciptakan kondisi-kondisi untuk sukses dalam belajar (Ismail, 2010). Dengan diadakannya penelitian kompetensi guru SD selama masa pandemi COVID-19 ini, bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan dalam pembelajran selama masa pandemi covid-19 ini, kesulitan yang dialami guru untuk memberikan penilaian dalam pembelajaran selama masa pandemi covid-19, serta bagaimana kompetensi atau cara  guru SD untuk  menangani kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi dan wawancara, penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif karena bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Penelitian ini juga menggunakan metode studi pustaka dalam pengumpulan datanya. Data dalam penelitian ini juga memakai data sekunder yang mana pengumpulan informasi dari beberapa artikel, platform digital yang sering sekali digunakan yaitu whatsapp gruoup. Serta data juga diambil secara langsung oleh narasumber, dimana peneliti langsung ke MI An-Najah untuk mewawancarai narasumber secara langsung.

Article Details

How to Cite
Sutisna, N. W., & Rasmitadila. (2022). Kompetensi Guru SD Selama Masa Pandemi Covid-19. Karimah Tauhid, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.6189
Section
Articles

References

Covid, P. (19). di Indonesia. Retrieved Februari, 25, 2021.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72.

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visituntuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19 . Jurnal Abdidas Vol 2 No 4 Tahun 2021 p-ISSN 2721-9224 e-ISSN 2721-9216Jurnal Abdidas Volume 2 Nomor 4 Tahun 2021 Halaman 894 902JURNAL ABDIDAS.

Wicaksono, A. T., & Purboningsih, D. (2021). KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 . PROGRAM STUDI TADRIS KIMIA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ANTASARI BANJARMASIN, 851

MURYATI, R. (2021). PROSES PEMBELAJARAN DARING/LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IMADRASAH IBTIDAIYYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI, 1.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143, 32-49.

Ichsan, I., & Ali, A. (2020). Metode Pengumpulan Data Penelitian Musik Berbasis Observasi Auditif. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(2), 85-93.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35-40

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>