Konsep Diskoveri dan Invensi Dalam Penerapan Inovasi Pendidikan di Sekolah Dasar

Main Article Content

Seli Damayanti
Nadia Wirdha Sutisna
M. Ziddan Maulana

Abstract

Pendidikan merupakan suatu lembaga yang memiliki peranan penting bagi Indonesia. Karena tanpa adanya Pendidikan, Indonesia tidak akan bisa maju dan berkembang.  Maka dari itu,  pendidikan menjadi sebuah acuan bagi terbentuknya bangsa dan negara yang berkualitas. Pendidikan juga tidak luput dari peranan penting seperti para guru yang bersertifikasi dan professional serta peranan peserta didik itu sendiri. Namun penerapan diskoveri dan invensi dalam inovasi pendidikan di sekolah dasar ini memiliki permasalahan, seperti kurangnya kreativitas peserta didik dalam pembelajaran, sehingga dalam hal ini peranan guru ini perlu dikembangkan lagi. Inovatif serta kreativitas dalam diri guru perlu dikembangkan sehingga hasil nya dapat diimplementasikan kepada peserta didik melalui proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu tentang penerapan diskoveri dan invensi di sekolah dasar, lalu menjelaskan bagaimana inovasi itu sendiri dapat di modernisasi karena pada hakikatnya inovasi itu adalah sebuah penemuan baru dari ide-ide baru juga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kajian literatur, mencari dan menggunakan referensi dari jurnal dan artikel yang relevan sebagai pendukung dalam pembahasan penelitian. Hasil dari peneltian ini didapatkan bahwa kreativitas serta inovatif dari guru serta peserta didik ini akan mengembangkan inovasi didalam dunia pendidikan.

Article Details

How to Cite
Damayanti, S., Sutisna, N. W. ., & Maulana, M. Z. . (2023). Konsep Diskoveri dan Invensi Dalam Penerapan Inovasi Pendidikan di Sekolah Dasar . Karimah Tauhid, 2(6), 3015–3021. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.10935
Section
Articles

References

Adawiyah, R. (2010). Konsep Dasar Inovasi Pendidikan. OSF Preprints, 2,1-6.

Aini, K. (2017, Januari). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Autentik, 1 (1), 20-29.

Aliyah, J., Cholifah, M., Karoma, & Astuti, M. (2023, Juli 5). Konsep Dasar Inovasi Pendidikan Dan Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1 (5) 357-365.

Halim, A. (2022, Maret). Signifikan dan Implementasi Berpikir Kritis Dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3 (3) 404-418.

Nurma'ardi, H. D., Oktaviani, A. M., & Siti, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pelita Calistung, 3 (2), 45-54.

Piqriani, Y. N., Yurika, M., & Amin , A. (2023). Hakikat Inovasi (Discoveri, Invensi, Inovasi,dan Modernisasi. Islamic Education Journal 4 (2), 285-294.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suja'i, A. (2021). Inovasi Pendidikan Full Day School. Jurnal Al-Firkah, 75-94.

Sya, M. F., Helmanto (2020). Pemerataan PembelajaranMuatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Didaktika Tauhidi Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7, 1-11. doi:10.30997/2348

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022, October). Exploring the Educatonal Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. Internasional Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21 (10), 341-361. https://doi.org/10.26803/ilter.21.10.19

Sya, M. F., Humaira, M. A., Sudjani, D. H., Idra, S., & Rusli, R. K. (n.d.). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Karya Abadi, 5 (3), 547-552.

Sya, M. F., Kartakusumah, B., & Maufur, M. (2022, April). Task and Feedback-Based on English Learning to Enhance Student Character. Didaktika Tauhidi Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9, 1-10. doi:10.30997/dt.v9i1.4684

Yupita, I. A., & S, W. T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. ejournal.unesa, 1 (2) 1-10.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.