Inovasi Pendidikan Menggunakan Student Record Guna Membangun Keterlibatan Orangtua Serta Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar

Main Article Content

Nadia Wirdha Sutisna
Seli Damayanti
M. Ziddan Maulana

Abstract

Setiap sekolah tentu saja memerlukan inovasi Pendidikan dalam kegaitan belajar mengajar setiap tahunnya. Inovasi sangatlah dibutuhkan oleh tenaga Pendidikan karena tenaga pendidikan bertanggungjawab akan pendidikan anak bangsa. Inovasi juga berfungsi sebagai cahaya perubahan dalam dunia pendidikan.   Terkadang inovasi hanya berfokus pada metode pembelajaran serta hasil nilai akhir akademik siswa saja. Permasalahan keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak serta karakter peserta didik dalam pembelajaran dikelas pun masih luput kita lupakan untuk kita perhatikan. Adanya penelitian ini guna untuk mengetahui adanya program “student record” yang diinovasi oleh salah satu wali kelas di SDN 02 Ciawi. Dalam penelitiannya penulis menggunakan metode kualitatif dengan Intrumen dalam pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur, observasi, dan dokumentasi.  di SDN 02 Ciawi pada sampel kelas 5B yang berjumlah 29 siswa . Peneliti menemukan keberhasilan wali kelas 5 di SDN 02 Ciawi terhadap inovasi yang ia lakukan dengan menggunakan buku “Student Record” guna membangun keterlibatan orangtua serta karakter peserta didik di sekolah.

Article Details

How to Cite
Wirdha Sutisna, N., Damayanti, S., & Maulana, M. Z. . (2024). Inovasi Pendidikan Menggunakan Student Record Guna Membangun Keterlibatan Orangtua Serta Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar . Karimah Tauhid, 3(1), 655–661. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11117
Section
Articles

References

Aliyah, J., Cholifah, M., Karoma, & Astuti, M. (2023, Juli 5). Konsep Dasar Inovasi Pendidikan Dan Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 357-365.

Anwar, & Khorul, M. (2017). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajran. Tadris; Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 97. doi:10.24042/tadris.v2i2.1559

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022, April). Task and Feedback-Based on English Learning to Enchance Student Chsracter. DIDAKTIKA TAUHIDI, 9(1), 1-10. doi:10.30997/dt.v9il.4684

Marliza, L., Boerhan, A., & Wati, S. (2023, Mei). Penerapan Reward dan punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Serta. EDUCATIVO: JURNAL PENDIDIKAN, 2(1), 27-38. doi:https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.104

Maulana, S., Sya, M. F., Mawardini, A., & Yunianika, I. T. (2023). YouTube sebagai Media Pengembangan Kecakapan Bahsa Inggris: Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 24 (2), 93-100. doi:10.33830/jp.v24i2/6150.2023

Rusdiana. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung.

Sya, M. F. (2020). Pemerataan PembelajaranMuatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7, 1-11. doi:10.30997/2348