Sosialisasi Kebersihan TNGGP untuk Para Pendaki di Lingkungan Gunung Pangrango Tahun 2024

Authors

  • Haris Amarul Haq Universitas Djuanda
  • Muhammad Luthfie Universitas Djuanda
  • Ali Alamsyah Kusumadinata Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14607

Keywords:

Gunung pangrango, Kebersihan, Sosialisasi

Abstract

Gunung Pangrango adalah gunung yang terletak di wilayah Cianjur dan Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Memiliki ketinggian 3019 mdpl, dan memiliki keindahan alam yang memukau sehingga sering dijadikan sebagai tujuan pendakian bagi para pendaki. Gunung Pangrango mengalami masalah yang sangat serius terkait kebersihan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan/program sosialisasi yang dilakukan oleh BTNGGP dalam meningkatkan kesadaran dan perilaku pendaki dalam menjaga kebersihan lingkungan selama melakukan pendakian di Gunung Pangrango. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah studi kasus dengan dilakukannya wawancara secara mendalam untuk mengambil data, melakukan pengamatan/observasi, lalu menganalisis dokumen mengenai kegiatan sosialisasi yang dilakukan. Sosialisasi oleh petugas BTNGGP dilakukan dengan berkolaborasi atau bekerja sama dengan berbagai pihak. BTNGGP sudah membuat program dan juga kegiatan untuk mengatasi masalah tersebut, antara lain mengadakan pengarahan di awal pintu masuk untuk pendakian, dilakukan pengecekan dan mendata barang apa saja yang dibawa pendaki, seperti barang apa saja yang dapat menjadi sampah, dan memasang papan rambu-rambu peringatan kebersihan di sepanjang jalur pendakian.

References

Angela, N. (2019). Sosiologi: Sosialisasi, Modul Sosialisasi. Jakarta.

(Btnggp), B. T. (2022). Statistika Gunung Gede Pangrango Tahun 2022. Jakarta: Kementrian Kehutanan Dan Lingkungan Hidup Indonesia.

Angela, N. (2019). Sosiologi: Sosialisasi, Modul Sosialisasi. Jakarta.

Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistem, (. (2022). Operasi Bersih Gunung Gede Pangrango Bersama Mitra Dan Masyarakat. Bogor : Tim Publikasi Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Hanum, S. A., Uki, R., Lies, K., & Hayati, N. (2020). “Komunikasi Lingkungan.” Membangun Masyarakat Indonesia Peduli Lingkungan. Pekanbaru : Taman Karya Publisher.

Ima, A., Uyu, W., & Saepudin, A. (2016). Pengaruh Sosialisasi Program Akreditasi Kursus Terhadap Motivasi Pengelola Untuk Menyiapkan Akreditasi Program Pada Satuan Pendidikan Lkp Di Kota Bandung, Departemen Pendidikan Luar Sekolah. Bandung : Fakultas Imu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahmawati, D., Murdiansyah, H., & Qadariah, L. (2019). Strategi Komunikasi Interpersonal Jarak Jauh Antara Orangtua Dan Anak. Kalimantan Selatan: Universitas Islam Kalimantan.

Rizaldi, M. (2021). Pengaruh Pengalaman Wisata Hiking Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. . Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Salim, S. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cipustaka Media. .

Suzy, A., Sari, W. P., & Irena, L. (2023). Kampanye Komunikasi Lingkungan Untuk Mengurangi Dan Mengolah Sampah Pendaki Gunung Gede Pangrango. Akarta : Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Tarumanagara.

Syahra, R. (2012). Dimensi-Dimensi Sosial Dan Budaya Dalam Kerusakan Lingkungan, Dan Perubahan Iklim. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 14(3), 403-438.

Winarni, Bakti, I., Agustin, H., & Supriadi, D. (2023). Pola Komunikasi Manajemen Konflik: Studi Fenomenologi Pada Polisi Hutan Di Cagar Biosfer Cibodas. Bandung : Universitas Padjadjaran.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Haq, H. A. ., Luthfie, M. ., & Kusumadinata, A. A. . (2024). Sosialisasi Kebersihan TNGGP untuk Para Pendaki di Lingkungan Gunung Pangrango Tahun 2024. Karimah Tauhid, 3(8), 8287–8294. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14607
Abstract viewed = 5 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>