Penggunaan Metode Pembelajaran Prompts bagi Siswa Tunarungu di Sekolah Dasar Inklusif (Sekolah Dasar Islam Plus Daarul Jannah)

Authors

  • Ghinna Nur Aziizah Universitas Djuanda
  • Rasmitadila Universitas Djuanda
  • Resti Yektyastuti Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14477

Keywords:

metode pembelajaran, metode prompts, siswa tunarungu, inklsusi

Abstract

Metode pembelajaran prompts adalah pendekatan dalam konteks pendidikan di mana pengajar memberikan serangkaian instruksi atau "prompts" kepada siswa untuk memandu proses belajar-mengajar. Pendekatan ini bertujuan untuk merangsang pemikiran kritis, memperjelas konsep, atau mengarahkan perhatian siswa ke aspek-aspek tertentu dari materi pembelajaran. Metode pembelajaran prompts merupakan yang diberikan pada siswa berkebutuhan khusus yang bisa menghasilkan respon yang tepat. Prompts memberikan bantuan berupa informasi tambahan kepada siswa tunarungu agar bisa menjalankan instruksi dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Plus Daarul Jannah. Metode penelitian ini menggunakan  post positivism jenis Simple Research Design (SRD). Dilakukan pengumpulan data menggunakan teknik observasi , wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Guru Kelas Iklusi dan juga Guru Pendamping (shadow). Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data tematik dan uji keabsahan data dengan member check. Diharapkan penelitian ini bisa bermanfaat bagi pembaca, Guru kelas maupun Guru Pendamping (shadow) dalam penggunaan metode prompts  bagi siswa tunarungu kedepannya agar penggunaan metode pembelajaran prompts bagi siswa tunarungu bisa meningkatkan respon saat pembelajaran.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Aziizah, G. N., Rasmitadila, & Yektyastuti, R. (2024). Penggunaan Metode Pembelajaran Prompts bagi Siswa Tunarungu di Sekolah Dasar Inklusif (Sekolah Dasar Islam Plus Daarul Jannah). Karimah Tauhid, 3(8), 9473–9483. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14477
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4