Rancangan Pengembangan Buku Interaktif IPAS (KUTIFPAS) Berbasis Flipbook pada Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Nurjanah Universitas Djuanda
  • Resti Yektyastuti Universitas Djuanda
  • Erlina Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13732

Keywords:

Pengembangan, Buku Interaktif, Flipbook, Ekosistem

Abstract

Perancangan ini berangkat dari permasalahan kurangnya media/sumber belajar yang tersedia disekolah. Hal tersebut berdampak pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Perancangan media ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran Buku Interaktif IPAS (KUTIFAS) untuk siswa kelas V Sekolah Dasar yang inovatif. Dalam perancangan bahan ajar ini pada pengembangannya menggunakan metode reseacrh and development dengan model Alessi dan Trollip dengan 3 tahapan yaitu, tahap planning, tahap desain dan tahap development. Bahan ajar KUTIFPAS ini dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajan IPAS Kelas V Sekolah Dasar, menambah pengalaman belajar siswa dan mempermudah guru selama proses pembelajaran.

References

Afifulloh, M., & Cahyanto, B. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Di Era Pandemi Covid-19. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(2), 31. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2515

Denisa Puspa Cahya, Resti Yektyastuti, A. M. (2023). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. National Conference Of Islamic Naturar Science, 03, 322–331.

Ibtidaiyah, J. M. (2022). Muallimuna : jurnal madrasah ibtidaiyah. 1, 99–112.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Maulidini, Y. D. (2020). Pengaruh Literasi Tik Terhadap Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 6(1), 13–20. https://doi.org/10.21009/improvement.v6i1.15897

Resti Yektyastuti, Mar’attus Solihah, Yogo Prasetyo, Tria Mardina, Jaslin Ikhsan, K. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Kimia “Chemondro” Pada Materi Kelarutan dan Pengaruhnya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidkan Sains.

Ridwan, M., & Siagian, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Ppkn. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(2), 167–180. https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5014

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152

Suryani, S. I., & Sandika, B. (2022). Pengembangan E-Modul Biologi Dilengkapi Tokoh Kartun Materi Sistem Gerak Siswa Kelas Xi Mipa Sma. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.26740/jipb.v3n1.p21-30

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Nurjanah, S., Yektyastuti, R. ., & Erlina. (2024). Rancangan Pengembangan Buku Interaktif IPAS (KUTIFPAS) Berbasis Flipbook pada Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(6), 6723–6731. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13732
Abstract viewed = 7 times