Rancangan Pengembangan Buku Interaktif IPAS (KUTIFPAS) Berbasis Flipbook pada Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13732Keywords:
Pengembangan, Buku Interaktif, Flipbook, EkosistemAbstract
Perancangan ini berangkat dari permasalahan kurangnya media/sumber belajar yang tersedia disekolah. Hal tersebut berdampak pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Perancangan media ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran Buku Interaktif IPAS (KUTIFAS) untuk siswa kelas V Sekolah Dasar yang inovatif. Dalam perancangan bahan ajar ini pada pengembangannya menggunakan metode reseacrh and development dengan model Alessi dan Trollip dengan 3 tahapan yaitu, tahap planning, tahap desain dan tahap development. Bahan ajar KUTIFPAS ini dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajan IPAS Kelas V Sekolah Dasar, menambah pengalaman belajar siswa dan mempermudah guru selama proses pembelajaran.
References
Afifulloh, M., & Cahyanto, B. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Di Era Pandemi Covid-19. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(2), 31. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2515
Denisa Puspa Cahya, Resti Yektyastuti, A. M. (2023). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. National Conference Of Islamic Naturar Science, 03, 322–331.
Ibtidaiyah, J. M. (2022). Muallimuna : jurnal madrasah ibtidaiyah. 1, 99–112.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Maulidini, Y. D. (2020). Pengaruh Literasi Tik Terhadap Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 6(1), 13–20. https://doi.org/10.21009/improvement.v6i1.15897
Resti Yektyastuti, Mar’attus Solihah, Yogo Prasetyo, Tria Mardina, Jaslin Ikhsan, K. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Kimia “Chemondro” Pada Materi Kelarutan dan Pengaruhnya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidkan Sains.
Ridwan, M., & Siagian, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Ppkn. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(2), 167–180. https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5014
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Suryani, S. I., & Sandika, B. (2022). Pengembangan E-Modul Biologi Dilengkapi Tokoh Kartun Materi Sistem Gerak Siswa Kelas Xi Mipa Sma. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.26740/jipb.v3n1.p21-30
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Nurjanah, Resti Yektyastuti, Erlina
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.