Daya Tarik Influencer Marketing dalam Mempromosikan Brand Produk Maternal Disaster
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14452Keywords:
Influencer marketing, Brand Produk Maternal Disaster, Kepercayaan KonsumenAbstract
Instagram telah menjadi platform bagi para pebisnis untuk menyampaikan bisnis mereka melalui strategi promosi. Ada berbagai strategi pemasaran digital yang digunakan, mulai dari promosi melalui media sosial yang dikelola sendiri hingga menggunakan jasa pihak ketiga, seperti influencer marketing, untuk mempromosikan produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tarik influencer marketing dalam mempromosikan merek produk Maternal Disaster. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian terdiri dari 100 konsumen yang mengikuti akun Instagram Maternal Disaster, yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa influencer marketing memiliki pengaruh yang kuat dan signifikan dalam mempromosikan merek produk Maternal Disaster melalui Instagram.. Hasil rata-rata skor 42,8%. Jika integritas influencer Marketing pada produk brand maternal disaster ditingkatkan akan lebih mudah membentuk kepercayaan konsumen agar lebih meningkat.
References
Adisti, E. ., Setiawan, K. ., & Kusumadinata, AA (2024). Komunikasi Pemasaran KUR dalam Program Pojok Mantri Desa. Karimah Tauhid , 3 (2), 1912–1920. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11981.
Amalia, A.C. dan Putri G.S. 2019. Analisa pengaruh influencer social media terhadap keputusan pembelian konsumen generasi Z di Kota Surabaya, 20 (2) : 1411 5344
Fathurrahman, Muhammad Miftahul, Diana Triwardhani, and Jenji Gunaedi Argo. "Pengaruh Influencer Marketing Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Bittersweet By Najla." Prosiding SENAPENMAS (2021): 1209-1218.
Hastuti, A P. 2017. Analisis Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/52762.
Hermawan. 2012. Pengaruh Komunikasi sosial secara lisan dan verbal. Jakarta.
Kasiram. (2008). Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.
Malau, Harman. (2018). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta
Prasetyo, I., Kusumadinata, AA, & Luthfie, M. . (2024). Metode Pemasaran Rumah Makan di Kota Bogor dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Karimah Tauhid , 3 (4), 4331–4341. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12831.
Rahmawati. (2016). Pemilihan dan Pemanfataan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sudha, M., & Sheena, K. (2017). Impact of Influencers in Consumer Decision Process: The Fashion Industry. SCMS Journal of Indian Management, 14(3), 14-30.
Sugiharto, S. A., & Ramadhana, M. R. (2018). Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Sikap pada Merk (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rizki Firdaus, Agustini, Ali Alamsyah Kusumadinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.