Penggunaan Metode Desuggestopedia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Authors

  • Natasya Azzahra Universitas Djuanda
  • Mega Febriani Sya Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14171

Keywords:

Desuggestopedia, Pembelajaran Bahasa Inggris, Motivasi Siswa

Abstract

Metode Desuggestopedia merupakan pendekatan yang tidak hanya memanfaatkan teknik-teknik seperti musik, drama, dan relaksasi, tetapi juga menciptakan lingkungan yang meminimalkan rasa tegang dan meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Metode ini berfokus pada penggunaan elemen-elemen non-konvensional yang dapat menginspirasi pikiran dan emosi siswa. Sehingga, pembelajaran dapat lebih menyenangkan dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penggunaan Desuggestopedia dapat membantu siswa sekolah dasar memperoleh keterampilan berbahasa yang lebih baik dalam konteks yang menyenangkan dan kreatif. Dengan memanfaatkan musik yang menenangkan, permainan peran yang menarik, dan teknik relaksasi yang menenangkan, Desuggestopedia berupaya menciptakan suasana belajar yang bebas stres dan mendukung. Hasil studi ini memberikan wawasan yang berharga bagi pendidik mengenai potensi metode ini dalam meningkatkan hasil pembelajaran bahasa di tingkat dasar, sekaligus membuka peluang bagi pengembangan strategi pengajaran inovatif lainnya.

References

A’yunin, Q., Ghufron, S., Susanto, R. U., & Akhwani. (2023). Pengaruh Metode Sugestopedia Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Penjaringansari II/608 Surabaya. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran, 9(1), 73–83. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/kata.v9i1.4596

Adelina, M. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 344–353. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1279

Arulselvi, E. (2017). Desuggestopedia in Language Learning. Excellence in Education Journal, 6(1), 24–33. https://www.researchgate.net

Febriani Sya, M., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Didaktita Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 72–81. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Ghofar, A. (2017). Fleksibilitas Pengelolaan Kelas Dalam Pendidikan (Ekspektasi Efektivitas Keberhasilan Proses Pembelajaran). Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 24–42. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2025

Hurin’in. (2021). Pengembangan Metode Suggestopedia Dalam Pembelajaran Mahârah Al-Kalâm Tingkat Menengah. Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 13(1), 67–83. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/al-ittijah.v13i1.4343

Kartakusumah, B., Febriani Sya, M., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. Didaktita Tauhid: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Kurniawan, U. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Suggestopedia Dan Kreatifitas Guru Terhadap Prestasi Siswa Madrasah Aliyah Di Kabupaten Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 4(1), 602–605. https://jurnal.unsil.ac.id

Lathif, S. (2023). Implementasi metode Suggestopedia dalam pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 23(1), 27–36. https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.35788.

Mangge, R., Masie, S. R., & Sartika, E. (2023). Implementasi Model Sugestopedia Dalam Menulis Cerpen di Kelas VIII SMPN 3 Kota Gorontalo. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 4(1), 82–94. https://doi.org/https://doi.org/10.37905/jjll.v4i1.20679

Munawaroh, S., & Yuniseffendri. (2022). Penerapan Metode Sugestopedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Dalam Debat Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MAN 1 Ponorogo. Balapa, 9(7), 86–94. https://ejournal.unesa.ac.id

Musfiroh, T., Hanti Rahayu, D., & Eny Rahayu, Y. (2014). Adaptasi Suggestopedia Untuk Rekonstruksi Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Menyimak Bahasa Indonesia di SMP di Kotamadya Yogyakarta. Direktorat Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–58.

Mushfi El Iq Bali, M., & Aisyah, S. (2023). Implementasi Sugestopedia Dalam Pembelajaran Quantum Learning. ‘Ibadatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 184–195. https://ejournal.stismu.ac.id

Mushfi El Iq Bali, M., & Arifa, S. (2022). Eskalasi keterampilan komunikasi Siswa Melalui Metode Suggestopedia Dalam Mengembangkan Kualitas Belajar. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 109–127. https://doi.org/https://doi.org/10.52431/murobbi.v6i1.873

Noer Della, R., & Dwi Turistiani, T. (2022). Penerapan Metode Sugestopedia Bermedia Lagu Pop Pada Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 28 Surabaya. Balapa, 9(8), 138–145. https;//ejournal.unesa.ac.id

Nurfadhilah, S., & Abidah, S. (2022). Suggestopedia dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Siswa VII MtsN 4 Jember. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 5(1), 118–146. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/alirfan.v5i1.5169

Prasetya, D., & Safitri, K. (2016). Metode Suggestopedia Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3), 866–873.

Ratminingsih. (2019). Pro Kontra Insersi Pembelajaran Bahasa Inggris di SD. Balispost.Com. http://www.balipost.com/news/2019/11/07/91907/Pro-Kontra--Insersi-Pembelajaran-Bahasa...htm

Romasta Naiborhu. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 7–12.

Rudini, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Melalui Strategi Pembelajaran Suggestopedia Pada Siswa SDN 26. Jurnal Madoko Education, 9(1), 4–12. https://ojs.umada.ac.id

Rustan, E., Muh, & Bahru, S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.282

Srirahayu, P., Suci Pratiwi, A., & Sunanih. (2020). Pengaruh Metode Sugestipedia Terhadap Keterampilan Membaca Puisi Pada Siswa Kelas 4 SDN Ciwalet, Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 159–169. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/j.8.2.159-169

Suprapto, Kurniawan, R., & Sihaloho, H. (2020). Metode Sugestopedia sebagai Alternatif Pembelajaran Retorika di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 5(1), 167–172. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/

Suyadi. (2021). Suggestopedia Method Effect On Reading Descriptive Text at A Senior High School. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jamb, 21(2), 485–496. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1483

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhid, 2(2), 97–106. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/dt.v2i2.307

Sya, M. F. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(3), 352–356. https://doi.org/https;//doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7819

Published

2024-07-22

How to Cite

Azzahra, N., & Sya, M. F. . (2024). Penggunaan Metode Desuggestopedia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(7). https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14171
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>