Analisis Pembacaan Puisi pada Siswa Kelas IV di SDN Sirnagalih 02 Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor

Authors

  • Siti Sukmayanti Universitas Djuanda
  • Megan Asri Humaira Universitas Djuanda
  • Fauziyatul Hamamy Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14111

Keywords:

puisi, Siswa, Membaca Puisi

Abstract

Belajar mengacu pada perubahan perilaku siswa yang terjadi sebagai akibat interaksi dengan guru dan lingkungan pendidikan. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran membaca ayat pada siswa kelas IV di SDN Sirnagalih 02 Kawasan Tamansari Rezim Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Akibat dari pengujian ini adalah sistem pendidik dalam mengembangkan gerak siswa dalam membaca ayat meliputi penggunaan pendekatan berpura-pura, memperhatikan ayat, menahan diri dari pemeriksaan ayat, dan latihan intuitif lainnya. Siswa dapat terlibat secara aktif dan kreatif dengan konten puisi dengan menggunakan strategi pembelajaran interaktif seperti bermain peran. Strategi pendukung yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran membaca puisi adalah dengan penggunaan penghargaan atau bentuk pengakuan lainnya.

References

Amaliyah, R. (2015). Analisis Faktor-faktor Penghambat Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Puisi pada Siswa Berkebutuhan Khusus Kelas V di SD Inklusi Kota Tegal. Lib.Unnes.Ac.Id.

Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). ANALISIS TEKNIK MENYIMAK PUISI MELALUI VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI TRIHARJO. Jurnal Holistika, 4(2). https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.114-120

Bahtiar, B., & Rabani, L. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V SDN 8 KUSAMBI. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3). https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v2i3.14357

Fadhilah Noer Zannah, Hari Satrijono, Z. F. (2022). Kemampuan Membaca Puisi Peserta Didik Kelas IIA SDN 1 Karangsari Kabupaten Banyuwangi di Era New Normal Fadhilah. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(2), 88–98.

Indriyani, T. S., & Kelana, J. B. (2021). Pembelajaran Pemahaman Membaca Puisi pada Siswa Kelas IV SD melalui Model Kooperatif Tife Think Pair Share (TPS). COLLASE (Creative of Learning …, 04(04).

Nurul Hidayah, & D. R. N. K. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Peranala.

Ramadan, P. Y., Iskandar, S., Tiara, N., & Sari, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas Iv Dengan Menggunakan Video Pembelajaran Di Sd Negeri I Nagrikidul. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 527–537.

Riora, H. (2020). Penggunaan Teknik Pelatihan Dasar di Alam Terbuka untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 16 Pekanbaru. Geram, 8(1), 90–100. https://doi.org/10.25299/geram.2020.vol8(1).5127

Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. Yogyakarta: K-Media.

Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran(Pendidikan Dasar). Journal.Stitaf.Ac.Id, 09(02), 193–210.

Rosita, I., & Muftianti, A. (2021). Pembelajaran Membaca Puisi Pada Siswa Kelas V Sd Dengan Metode Classwide Peer Tutoring. COLLASE (Creative of Learning Students …, 04(04).

Sadikin, H., Nugrahani, F., & Suwarto. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping melalui Ketrampilan Menulis Puisi dalam Interaksi Belajar Mengajar di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5).

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230

Sri Rahayu, S. R. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi DRTA terhadap Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(2). https://doi.org/10.30605/onoma.v5i2.87

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Suryani, N. (2020). PENINGKATAN MINAT DAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA SD MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Education and Development, 8(4).

Usman. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Puisi Pada Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Al – Qiyam, 2(2).

Yayu M. Binol, Ali Karim, E. (2017). “Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Teknik Pemodelan Siswa Kelas IV SDN 05 Bunobogu.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 5(4), 68-84. Http://Jurnal.Untad.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/JKTO/Article/View/3852.

Yurmaita, D. S. W. (2021). Pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa sd kelas iv dengan menggunakan model savi. Journal of Elementary Education, 04(04).

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Sukmayanti, S., Humaira, M. A. ., & Hamamy, F. . (2024). Analisis Pembacaan Puisi pada Siswa Kelas IV di SDN Sirnagalih 02 Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor . Karimah Tauhid, 3(7), 7475–7487. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14111
Abstract viewed = 4 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3