Hambatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Aplikasi Quizizz

Main Article Content

Adinda Salwa Fajriati
Megan Asri Humaira
Irwan Efendi

Abstract

Kemampuan berpikir kritis perlu dimiliki karena dapat digunakan dalam menyelesaikan suatu masalah dan dapat mempertimbangkan segala seseuatu dalam mengambil keputusan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan aplikasi Quizizz di kelas V  SDN Pandansari 02. Jenis penelitian ini adalah kualtatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode tematik. Untuk menguji keabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menujukkan terdapat beberapa hambatan yang terjadi diantaranya : (1) Hambatan yang terjadi pada peserta didik, meliputi perilaku dan kemampuan, (2) Hambatan yang terjadi pada peran orang tua, meliputi pendampingan dan broken home, (3) Hambatan yang terjadi pada penggunaan teknologi, dan (4) Hambatan yang terjadi pada sarana dan prasarana.

Article Details

How to Cite
Fajriati, A. S., Humaira, M. A., & Efendi, I. (2024). Hambatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Aplikasi Quizizz. Karimah Tauhid, 3(4), 5036–5047. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.13029
Section
Articles

References

Akulba, S. F., Pulrnamasari, D., & Firdauls, R. (2020). Pelngarulh Kelmampulan Pelnalaran , Elfikasi Diri dan Kelmampulan Melmelcahkan Masalah Telrhadap Pelngulasaan Konselp Matelmatika. Julrnal Nasional Pelndidikan Matelmatika, 4(1), 44–60.

Anggraelni, N. K. P., & Sari, R. karmila. (2022). Pandangan Mahasiswa Telrhadap Pelmanfaatan Qulizizz Selbagai Meldia Pelmbellajaran Bahasa Inggris. Relselarch an Delvellopmelnt Joulrnal Of Eldulcation, 8(2), 762–770.

Anisa, A. R., Ipulngkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pelngarulh Kulrangnya Litelrasi selrta Kelmampulan dalam Belrpikir Kritis yang Masih Relndah dalam Pelndidikan di Indonelsia. Confelrelncel Selriels Joulrnal, 01(01), 1–12.

Belrjamai, G. S., & Davidi, El. I. N. (2020). Kajian Faktor-Faktor Pelnghambat Keltelrampilan Pellajaran Bahasa Indonelsia. Litelrasi Pelndidikan Dasar, 1(1), 1–49. https://jlpdpgsd-ulnikastpaulluls.id/JLPD/

Brauln, V., & Clarkel, V. (2006). Ulsing Thelmatic Analysis in Psychology. Qulalitativel Relselarch in Psychology, 3(2), 77–101. http://elprints.ulwel.ac.ulk/11735/2/thelmatic_analysis_relviseld_- _final.pdf

Chatfielld, T. (2020). Belrpikir kritis Pandulan belragulmeln, Melnganalisis dan mellakulkan Stuldi mandiri selcara melyakinkan. Pulstaka Bellajar.

Dama Yanti, N., Fadhillah, D., Elnawar, El., & Sulmiyani, S. (2021). Analisis Kelmampulan Belrpikir Kritis Dalam Keltelrampilan Melnullis Karangan Elksposisi Di Kellas V SDN Cirelweld, Kabulpateln Tangelrang. Belrajah Joulrnal, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.49

Dini Fitriani, Aslan, & Elliyah. (2024). Pelran Gulrul Pelndidikan Agama Islam Dalam Melnelrapkan Meltodel Melmbaca Al-Qulr’an Siswa Di Sd Nelgelri 03 Pelndawan Dulsuln Pelndawan Delsa Tangaran Tahuln 2021/2022. TARBIYATUlL ILMUl: Julrnal Kajian Pelndidikan, 2(3), 150–155.

Djamarah, S. B. (1994). Prelstasi Bellajar dan Kompeltelnsi Gulrul (p. 33). Ulsaha Nasional.

Felrelday, J., & Mulir-Cochranel, El. (2006). Delmonstrating rigor ulsing thelmatic analysis: A hybrid approach of indulctivel and deldulctivel coding and thelmel delvellopmelnt. Intelrnational Joulrnal of Qulalitativel Melthods, 5(1), 80–92.

Hamidah, N., & Ain, S. Q. (2022). Faktor-Faktor Pelnyelbab Kelsullitan Bellajar Matelmatika pada Siswa Kellas IV Selkolah Dasar. Scaffolding: Julrnal Pelndidikan Islam Dan Mulltikulltulralismel, 4(1), 321–332. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1331

Kulsulmastulti, A., & Khoiro, A. M. (2019). Meltodel Pelnellitian Kulalitatif. Lelmbaga Pelndidikan Sulkarno Prelssindo (LPSP).

Lisnawati, A., Aulliadi, Adhari, F. N., Hanipah, R., & Rostika, D. (2023). Problelmatika Sarana Prasarana dalam Pelmbellajaran di Selkolah Dasar. Julrnal Pelndidikan Tambulsai, 7, 30987–30993.

Maulnino, G. Z. T., & Tacoh, Y. T. . (2023). Pelngarulh Meldia Pelmbellajaran Qulizizz Telrhadap Kelmampulan Belrpikir Kritis Siswa Kellas X Mata Pellajaran Informatika di SMA Kristeln 1 Salatiga. Julrnal Ilmiah Wahana Pelndidikan, 9(17), 308–319. http://julrnal.pelnelliti.nelt/indelx.php/JIWP/articlel/vielw/4818

Nadiyah, M. (2023). Pelnggulnaan Aplikasi Qulizizz dalam Pelmbellajaran Bahasa Indonelsia ulntulk Melningkatkan Kelmampulan Belrpikir Tingkat Tinggi Siswa Kellas 4 Selkolah Dasar. 44–78. http://www.acadelmia.eldul/download/35360663/MElTODEl_PElNElLITIAN_KUlALITAIF.docx

Pamulngkas, N. Y. A., Trisiana, A., & Prihastari, El. B. (2023). Analisis Kelmampulan Belrpikir Kritis Matelmatika Matelri Pelrkalian Pelselrta Didik Kellas IV SDN Kelstalan No . 05 Sulrakarta. Joulrnal on Eldulcation, 06(01), 5941–5952.

Pultri, A. El. I., Melysanti, F., & Hulsna, S. (2021). Pelmanfaatan Aplikasi Qulizizz Selbagai Solulsi Pelmbellajaran Melnyelnangkan di Telngah Pandelmi Pada Siswa Selkolah Dasar. 2, 16–20.

Rahayul, O. El. (2018). Pelngarulh Kondisi Orang Tula Brokeln Homel Telrhadap Motivasi bellajar Siswa dalam Mata Pellajaran IPS di SMP Nelgelri 1 Gondanglelgi.

Rosalina, T., Widarnandana, I. G. D., Wiradnyani, N. K., Sari, N. P. M. K., Delwi, S. K., & Melliani, N. K. (2022). Litelratulrel Relvielw: Melnyulsuln Alat Ulkulr Pelnalaran Situlasional. Julrnal Psikologi MANDALA, 6(1).

Sariawan, M., Yuldiana, K., & Bayul, G. (2020). Pelnggulnaan Modell Pelmbellajaran Nulmbelreld Helads Togelthelr dalam Melningkatkan Hasil Bellajar IPA. Julrnal Pelnellitian Dan Pelngelmbangan Pelndidikan, 4(2), 325.

Seltyaningrulm, D. L. (2020). Hulbulngan Tingkah Lakul delngan Kelmampulan Belrpikir Kritis Matelmatis. Prosiding, April.

Wicaksono, D. P., Rullviana, V., & Marlina, D. (2022). Analisis Faktor Pelnghambat Bellajar Siswa Dalam Pelmbellajaran Telmatik Pada Siswa Kellas III SDN Celpoko 4. Prosiding Konfelrelnsi Ilmiah Dasar, 3, 1736–1744.

Wullandari. (2019). Chelmistry in Eldulcation School Scielncel and Mathelmatics. 2(3), 133–139. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.1902.tb00418.x

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>