Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mendesain Iklan Menggunakan Aplikasi Canva

Main Article Content

Leni Fuzi Astuti
Megan Asri Humaira
Muhammad Ichsan

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif sangat penting untuk dikembangkan melalui proses pembelajaran agar siswa terlatih untuk dapat menemukan sesuatu hal yang baru dalam menghadapi persoalan serta mampu menemukan banyak jawaban dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mendesain iklan menggunakan aplikasi canva di kelas V SDN Pandansari 01. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode tematik. Untuk menguji keabsahan data menggunakan member check.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mendesain iklan yaitu: 1). Mendesain iklan, meliputi sarana dan prasarana, Antusiasme siswa dalam mendesain iklan menggunakan aplikasi canva. 2) penerapan aplikasi canva, meliputi hasil desain siswa dan 3) kriteria berpikir kreatif, meliputi kriteria berpikir kreatif siswa dalam mendesain iklan dan Presentase berpikir kreatif siswa dalam mendesain iklan.

Article Details

How to Cite
Astuti, L. F., Humaira, M. A., & Ichsan, M. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mendesain Iklan Menggunakan Aplikasi Canva. Karimah Tauhid, 3(4), 5157–5165. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.13047
Section
Articles

References

Atmazaki. (2013). Implelmelntasi Kulrikullulm 2013 Mata Pellajaran Bahasa Indonelsia: Pola Pikir, Pelndelkatan Ilmiah, Telks (Gelnrel), dan Pelnilaian Otelntik. ISLA.

Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2016). Analisis Kelmampulan Belrpikir Krelatif dan Minat Bellajar Siswa dalam Melngelrjakan Soal Opeln Elndeld delngan Pelndelkatan CTL. PYTHAGORAS. Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 13(1), 63–75.

Siswono Tatag.Y.El. (2008). Modell Pelmbellajaran Matelmatika Belrbasis Pelngajulan dan Pelmelcahan Masalah Ulntulk Melningkatkan Kelmampulan Belrpikir Krelatif. Ulnelsa Ulnivelrsity Prelss.

Sulgiyono. (2018). Meltodel Pelnellitian Kulantitatif, Kulalitatif Dan Kombinasi (Mixeld Melthod). ( Celtakan kel-10, Marelt 2018) Alfabelta.

Triningsih, & Diah., El. (2021). Pelnelrapan Aplikasi Canva ulntulk Melningkatkan Kelmampulan Melnyajikan Telks Tanggapan Kritis Mellaluli Pelmbellajaran Belrbasis Proyelk. PapelrKnowleldgel. Toward a Meldia History of Doculmelnts, 15((1)), 128–144. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/celndelkia.v15i1.667.Sellama

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>