Pengaruh Perpustakaan Digital UnivDjuanda Sebagai Media Informasi Mahasiswa Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Authors

  • Deri Hermawan Universitas Djuanda
  • Desi Hasbiyah Universitas Djuanda
  • Ruhimat Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14076

Keywords:

Perpustakaan digital,, Media informasi,, Kebutuhan informasi

Abstract

Dalam menghadapi era digital dimana informasi dapat diakses dengan cepat, penting untuk menilai apakah aplikasi perpustakaan digital milik UnivDjuanda ini mampu menjaga dan bahkan mampu memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa. Oleh karena itu, terdapat beberapa masalah kritis tentang sejauh mana mahasiswa menjadikan aplikasi perpustakaan digital UnivDjuanda sebagai sumber utama untuk pemenuhan kebutuhan informasi mereka, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perpustakaan digital UnivDjuanda sebagai media informasi dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian survei. Teknik pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan data sekunder penelitian ini menggunakan referensi ilmiah. Data primer diambil dari 100 responden dari 4180 populasi dengan menggunakan rumus Slovin. Data dianalisis dengan menggunakan IBM SPSS 26. Indikator dari variabel independen adalah tidak ada batas fisik, ketersediaan waktu, akases ganda, pengambilan informasi, dan minim ruang, sedangkan indikator variabel dependen adalah kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrase personal dan kebutuhan berkhayal. Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh antara Media Informasi Perpustakaan Digital Univ Djuanda dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi sebesar 54,1%.

References

Adelia, M., Hasbiyah, D., & Agustini. (2023). Pengaruh Personal CompetenceDalam Literasi Media Terhadap Kepercayaan Mahasiswa Pada Berita Online. Karimah Tauhid.

Afifah, & Hasbiyah, D. (2023). Upaya Penanganan Berita Hoax Covid-19 Pada Website Diskominfo Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid.

Hartono. (2020). Transformasi Perpustakaan Dalam Ekosistem Digital. Jakarta: Prenada Media.

Hasbiyah, D., Lutfi, M., & Sanusi, H. (2023). Pengaruh Pengungkapan Diri Terhadap Intimate relationship Pada. Karimah Tauhid.

Juliansyah, I. (2023, September 09). Rendahnya Minat Baca, Tantangan Berat di Era Modern. Retrieved from sukabumiupdate.com.

Kurnia, D., Hasbiyah, D., & Kusumadinata, A. (2023). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PRODUK BOUQUET. Karimah Tauhid.

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Mesterjon. (2021). Teori dan Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran 4.0. Penerbit Deepublish.

Rachmah, F. A., Setiawan, K., & Hasbiyah, D. (2023). Pengaruh Komunikasi Dalam Hiperealitas Terhadap Perilaku Atensi Penggemar Idola K-Pop di Kalangan Mahasiswa. Karimah Tauhid.

Rodin, R. (2021). Informasi Dalam Konteks Sosial Budaya. PT Raja Grafindo Persada.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka baru press.

Triyadi. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pada Mata Pelajaran. Jurnal Pendidikan Unsika.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Hermawan, D., Hasbiyah, D., & Ruhimat. (2024). Pengaruh Perpustakaan Digital UnivDjuanda Sebagai Media Informasi Mahasiswa Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Karimah Tauhid, 3(7), 7354–7363. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14076
Abstract viewed = 2 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3