Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Perumahan Royal Tajur Bogor

Main Article Content

Aprilina Hajiantinur
Sudarijati

Abstract

Rivalitas pada dunia bisnis akan menstimulasi perusahaan-perusahaan untuk berkompetisi agar bisa menjadi pemimpin pasar. Studi ini memiliki tujuan untuk meneliti respons konsumen mengenai Faktor Eksternal dan Internal serta pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian di Perumahan Royal Tajur. Dilakukan evaluasi terhadap efek parsial dan gabungan dari Faktor Eksternal dan Internal pada Keputusan Pembelian. Objek utama yang diteliti dalam penelitian ini adalah Faktor Eksternal, Faktor Internal, dan Keputusan Pembelian. Dalam penelitian ini, metodologi yang diterapkan bersifat deskriptif dan verifikatif. Sampel penelitian berjumlah 100 individu yang telah melakukan pembelian properti di Royal Tajur. Hasil analisis mengindikasikan bahwa Faktor Eksternal dan Faktor Internal, baik secara individu maupun kolektif, berkontribusi positif dan signifikan pada proses Keputusan Pembelian di kompleks Perumahan Royal Tajur, yang terletak di Kota Bogor. Berdasarkan temuan ini, disarankan bagi perusahaan untuk mengalokasikan perhatian lebih pada kedua faktor tersebut guna mengoptimalkan Keputusan Pembelian dari konsumen serta untuk meningkatkan keunggulan kompetitif mereka dibandingkan dengan perusahaan sejenis lainnya.

Article Details

How to Cite
Hajiantinur, A., & Sudarijati. (2024). Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Perumahan Royal Tajur Bogor. Karimah Tauhid, 3(4), 4746–4760. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12925
Section
Articles

References

Alami, Sri, Samari dan Faisol. (2022). Faktor Internal dan Eksternal Perilaku Konsumen: Fenomena dalam Keputusan Membeli pada Rumah Makan Keboen Rodjo Kediri. Jurnal Efektor Vol. 9 No. 1 Tahun 2022, hal 35-47.

Arikunto. (2011) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta: Jakarta.

Arsil, P., Ardiansyah, & Yanto, T. (2019). Consumers’ Intention and Behaviour towards Fish Consumption: A Conceptual Framework. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 255(1).

Effendi, Usman, (2016). Psikologi Konsumen. Rajawali. Yogyakarta.

Feriyadita, F., Diana, N., Tamami, B., Studi, P., Fakultas, A., Universitas, P., & Madura, T. (2021). Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Lapis Kukus Pahlawan Surabaya. 14(2),128–140.

Journal, P. S., Sciences, F., Journal, P. S., & Sciences, F. (2020). Consumer Preferences And Decision-Making Determinants For The Purchase Of Sheep ’ S Milk And Its Products Ľ udmila Nagyová , Andrej Géci , Elena Horská Volume 14 Potravinarstvo Slovak Journal of Food Sciences Volume 14. 14(June), 673–681.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2015) Marketing introducing prentice Hall twelfth edition. England. Person Education.

Ma, W., Zhang, R., & Cheng, Z. (2020). Analysis of Internal and External Funding Mechanisms Considering Green Consumer Loyalty: A Game-Theoretic Approach. IEEE Access, 8, 2931–2947.

Mariusz, G. (2021). Consumer Determinants of Purchasing Decisions on the Dairy Products Market. European Research Studies Journal, XXIV(Issue 3B), 981–992.

Nasikan dan Begy Andy Sasmito. (2013). Faktor Internal dan Eksternal terhadap Keputusan Pembelian Telepon Seluler Merek Nokia. Jurnal Manajemn dan Akuntansi, Vol. 2 No. 1 Tahun 2013, hal : 85-100.

Piligrimiene, Ž., Žukauskaite, A., Korzilius, H., Banyte, J., & Dovaliene, A. (2020). Internal and external determinants of consumer engagement in sustainable consumption. Sustainability (Switzerland), 12(4).

Popovic, I., Bossink, B. A. G., & van der Sijde, P. C. (2019). Factors influencing consumers’ decision to purchase food in environmentally friendly packaging: What do we know and where do we go from here? Sustainability (Switzerland), 11(24), 1–22.

Prianto, Aditya (2017) Pengaruh Internal dan Eksternal Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Baru di Bukit Cimanggu City Bogor. Penelitian Skripsi. Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor. (https://www.researchgate.net/publication/ di akses 29 Juli 2019 Pukul 20:15 WIB).

Sudaryono. (2014) Perlaku Konsumen. Cetakan pertama. Lentera Ilmu Cendekia: Jakarta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet: Bandung.

Swastha, Basu dan Dharmmesta dan T. Hani Handoko. (2016) Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi 1. BPEF, Yogyakarta.

Tambunan, Leo Alexander. (2021). Analisis Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer di Masa Pandemi Covid 19. SIMAK (Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Akuntansi) Vol. 19 No. 2, Tahun 2021, hal: 287-311.

Tjiptono, Fandy, (2014). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Andi Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia, Diana. (2016) Pemasaran. Penerbitan Andi: Yogyakarta.

Most read articles by the same author(s)