Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning dengan Metode Think, Pair, Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12667Keywords:
Metode think, pair, share, Matematika Pecahan, Hasil BelajarAbstract
Hasil pembelajaran matematika selama ini kurang memuaskan, terbukti dengan rendahnya nilai ujian siswa. Perbaikan dapat dicapai melalui penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatif yang dikenal dengan think, pair and share. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi pecahan dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas IV MI Tarbiyatul Falah. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes formatif dan post-test. Mengukur hasil belajar siswa mengenai pecahan. Hasil yang dicapai adalah: (a) peningkatan keaktifan siswa, (b) peningkatan rata-rata persentase hasil belajar siswa, dan (c) keberhasilan model pembelajaran kooperatif “Think, Pair, Share.”
References
Amirin. (2013). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.
Bafadal, I. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara . Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Sitem Pendidikan Nasional. Desy Natalia Nanda Wicaksono, D. W. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset
Pendidikan Dasar , 208-219.
Dydik Kurniawan, T. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus).
Lailatul Mufidah, D. E. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA
POKOK BAHASAN MATRIKS. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 117-125.
Mufidah, L. d. (2013). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS". Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo.
Rusi Rusmiati Aliyyah, A. A. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN. Jurnal Sosial
Humaniora, 54-72.
Rusi Rusmiati Aliyyah, R. R. (2019). Using of student teams achievement divisions model (STAD) to improve student’s mathematical learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series.
Rusi Rusmiyari Aliyyah, Y. M. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN SIFAT-SIFAT
CAHAYA. Didaktika Tauhidi.
Sanjaya, w. (2009). STRATEGI PEMBELAJARAN Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hesti Salsabillah; Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.