Implementasi Kebijakan Kampus Mengajar Batch 5 Di Kabupaten Sukabumi dalam Upaya Menigkatkan Mutu Pendidikan di Tingkat Sekolah Dasar (SD)

Main Article Content

Lasmini
Irma Purnamasari
Berry Sastrawan

Abstract

Program kampus mengajar adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang memiliki tujuan untuk menyatukan sinergi dari pemerintah, akademisi dan praktisi guna dalam akselerasi peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia.  Pada implementasi-nya di lapangan tentu-nya akan ditemukan permasalahan ketidak sesuai antara kebijakan yang sudah ditetapkan dengan pelaksanaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif dan Sampel yang digunakan Pada Penelitian Ini Menggunakan teknik sampling purposive. Adapun untuk menunjang analisis maka teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu Wight mean score (WMS). Dalam mengukur implementasi kebijakan Kampus mengajar batch 5 di Kabupaten Sukabumi menggunakan skala likert. Hasil yang diperoleh pada penelitian Implementasi Kebijakan Kampus Mengajar dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Kabupaten Sukabumi yaitu dimensi komunikasi dengan score tertinggi yaitu 3.88 “Baik”, dimensi sumber daya kebijakan memperoleh nilai 3.55 di kategori-kan “Baik”, dimensi disposisi memperoleh score 4.08 dikategorikan “Baik” dan dimensi Organisasi memperoleh nilai 3.83 yang dikategorikan “Baik”. dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijakan program kampus mengajar sudah berjalan dengan baik.

Article Details

How to Cite
Lasmini, Purnamasari, I., & Sastrawan, B. (2024). Implementasi Kebijakan Kampus Mengajar Batch 5 Di Kabupaten Sukabumi dalam Upaya Menigkatkan Mutu Pendidikan di Tingkat Sekolah Dasar (SD). Karimah Tauhid, 3(2), 1736–1746. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11919
Section
Articles

References

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, R. d. (2023). Buku Saku Mahasiswa Kampus Mengajar 5 2023. Jakarta: Program Kampus Mengajar .

Dr. Drs. Suparno, M. (2017). Implementasi Kebijakan Publik Dalam Praktek. Semarang: Dwiputra Pustaka Jaya .

Joko Pramono. S. Sos., M. (2020). Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan Publik. Kota Surakarkarta: Unisri Press 2020.

Kementerian Pendidikan, K. R. (2021). Panduan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm). Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Direktorat Direktorat Jendral Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.

M.Si, H.J Ruliynawati Kasmad (2018). Studi Implementasi Kebijakan Publik. Makassar: Kedaiaksara.

Mengajar, T. P. (2023). Buku Panduan Kampus Mengajar. Jakarta: Program Kampus Mengajar.

Profesi, D. P. (2021). Panduan Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka (Mbkm). Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi , Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. .

Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Apriliyani, N. V., Hernawan, D., Purnamasari, I., Goris Seran, G. ., & Sastrawan, B. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Governansi, 8(1), 11–18.

Fika Khoirotul Jannah1, A. J. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 45 Gresik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 204-210.

Fika Khoirotul Jannah1, A. J. (204-210). Implementasi Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2022.

Hernawan, D., Goris Seran, G., Purnamasari, I., M. Purnomo, A. dan Apriliani, A. 2022. Perspektif Kebijakan Berbasis Bukti Terhadap Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Governansi. 8, 1 (Apr 2022), 1–10.

Kurniawati, F. N. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Dan Solusi. Academy of Education Journal, Vol. 13 Nomor 1.

Noerbella, D. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 480-489.

Sarimai, A. (20). Implementasi Kebijakan Program Merdeka Kampus Merdeka (Mbkm) Di Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar, 10-23.

Widiyastuti, I. (2016). Implementasi Kebijakan Peningkatan Mutu. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 6 Vol. V.

Yoga Budi Bhakti, M. R. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Perguruan Tinggi. Research and Development Journal Of Education, 783-790.

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal at-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, Volume 30 Nomor 2 Hal. 129-152.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>