Pengelolaan Minat Belajar Siswa: Studi Implementasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11633Keywords:
minat belajar, kurikulum merdeka, persepsi guru, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi guru sekolah dasar dalam mengoptimalkan pengelolaan minat belajar siswa di sekolah dasar melalui implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan studi kasus yang bertujuan untuk memperoleh dan mengkaji pengetahuan yang mendalam mengenai topik atau fenomena. Hasil penelitain menunjukan bahwa dalam pengelolaan minat belajar siswa pada kurikulum merdeka merupakan aspek yang penting dan menantang. Mengelola minat belajar siswa memiliki manfaat yang signifikan, guru mengungkapkan saran untuk mengelola minat seperti menciptakan pembelajaran yang menarik dan berdiferensiasi. Namun, saat mengimplementasikan kurikulum merdeka, guru mungkin menghadapi tantangan Meskipun demikian, pengelolaan minat belajar siswa dapat memiliki dampak positif, salah satu nya seperti meningkatkan minat belajar siswa. Tidak hanya itu, terdapat strategi yang dapat digunakan oleh guru, seperti melakukan survey diagnostik dan memberikan sumber daya yang beragam, serta memberikan umpan balik kepada siswa dan penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi dapat membantu guru dalam mengelola minat belajar siswa dengan efektif.
References
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., & Herawati, E. S. B. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1). https://ojs.unida.ac.id/JSH/article/view/4034
Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886
Aliyyah, R. R., Rahayu, Y., & Ramdhani, M. R. (2022). Pengaruh Interaksi Edukatif terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 185-198.
Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808
Braun, V., & Clarke, V. (2019). Merefleksikan analisis tematik refleksif.Penelitian Kualitatif Bidang Olah Raga, Latihan dan Kesehatan, 11(4), 589-597. https://doi.org/10.1080/2159676x.2019.1628806
Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298
Hester, PT, & Adams, KMG (2018). Buku Pegangan Sage tentang Pengumpulan Data Kualitatif. Dalam U. Flick (Ed.), topik keselamatan, risiko, keandalan, dan kualitas. Dalam (Vol. 33): Publikasi Sage.
Jalilah, S. R. (2021). Merangsang Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Tutorial Berbasis Media Video Sosiodrama untuk Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(6), 5953–5960. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1657
Kuntoro Aji, E. T. R. (2023). Efektivitas Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Aktivitas Pengembangan Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7781785
Kurniasih, F. & Ngadirin Setiawan. (2013). Pengembangan Media Film Dokumenter Sebagai Pendukung Akuntansi Pokok Bahasan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Pembelajaran Bagi Siswa Smk Kelas X Akuntansi. Kajian Pendidikan Akutansi Indonesia, 2(1), 21–36.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Miles, MB, Hubermen, M., & Saldana, J. (2014).Analisis data kualitatif. Sebuah buku sumber metode(edisi ke-3). Los Angeles: Publikasi Sage. Miles,
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Sa’roni, M. M. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Lbb Taman Pintar Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Surabaya, 7(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/26712
Sati, S., Setiana, D., & Amelia, A. N. (2021). Implementasi Pembelajaran E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 51–57. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1899
Simmons, KB (2014).Metode triangulasi survey topografi stadia transit disesuaikan dengan arsitektur lansekap (Edisi Februari). Serikat Amerika Serikat: Universitas Massachusetts Amherst.
Suwardi, A. A., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Minat Belajar Siswa pada Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 2948-2965.
Ulinniam, Hidayat, Ujang Cepi Barlian, & Yosal Iriantara. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.74
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Neli Suryani Putri, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.