UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034Keywords:
Media Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah DasarAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi magnet melalui penggunaan media video pembelajaran. Rendahnya nilai hasil belajar siswa dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis MC Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelakasanaan, observasi dan refleksi. Data diambil melalui observasi, test, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VI pada SDN Lanbau 02 Citeureup Bogor dengan jumlah responen sebanyak 32 siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% siswa dapat mencapai KKM sebesar 70. Hasil pra siklus menunjukan hanya terdapat 13 (40.62%) orang siswa yang mencapai KKM 70 dari 32 orang siswa. Melalui penggunaan media video pembelajaran, maka siklus pertama menyatakan bahwa 24 (75%) orang siswa mencapai KKM, sedangkan pada siklus kedua memperoleh data sebanyak 28 (87.5%) mencapai KKM. Dengan demikian, terjadi peningkatan 43.38% dari hasil pra siklus ke siklus pertama, dan 12,5% dari siklus pertama pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukan peningkatan 46.88% dari pra siklus ke siklus kedua, maka penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi magnet kelas VI SD.
References
Aliyyah, R. R., & Malia, Y. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Sifat-Sifat Cahaya. Didaktika Tauhidi, 3(2).
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Rachmadtullah, R., Widyasari, Mulyadi, D., & Ikhwan, S. (2019). Using Of Student Teams Achievement Divisions Model (STAD) To Improve Student’s Mathematical Learning Outcomes. Journal of Physis: Conference Series, 1175.
Andriani, E. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1).
Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4).
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA SE-Kota STABAT. Jurnal Biolokus, 1(2).
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 3(1).
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Fadhli, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1).
Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2).
Ismaniati, C. (2012). Pengembangan dan Pemanfaatan Media Video Instruksional Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran UNY.
Joenaidy, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Yogyakarta: Laksana.
Karwono, & Mularsih, H. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Mutia, R., Adlim, & Halim, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran dan KerusaKan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2).
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1).
Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamanlarea Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(1).
Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2).
Parwati, N. N., & Suryawan, I. P. P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Siregar, J. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Video Pembelajaran Bagi Siswa Kelas IV Di SDN I87/IV Kota Jambi. JDP, 8(2).
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1).
Supryadi, P. E., Jampel, I. N., & Riastini, P. N. (2013). Penerapan Media Video Pembelajaran Sebagai Aplikasi Pendekatan Contekstual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA, 1(1).
Surahman, Paudi, R. I., & Tureni, D. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Kontekstual Pada Siswa Kelas II SD Alkhairaat Towera. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4).
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Utami, S. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Primary, 7(1).
Wuryanto. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Media Vldeo dan Metode STAD Semester 1 Kelas IV SDN Babadan. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2).
Yuniarti, Syamsiati, & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Video Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran UNTAN, 4(7).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Copyright © 2018 OJS Universitas Djuanda All rights reserved
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors submitting manuscripts must understand and agree to copyright the manuscript of the article was transferred to OJS Djuanda University. All rights reserved. The copyright release statement for the Journal of Social Humanities is set out in the Agreement Transfer of Copyright. This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) version 4.0 where Author and Readers can copy and redistribute material in any media or format , as well as mixing, modifying and building materials for any purpose, but they must provide appropriate credit (citing articles or content), provides a link to the license, and indicates when changes have been made. If you mix, modify, or develop, the materials you have to distribute your contributions are under the same license as the originals.